Erabaru.net. Seorang pria Tiongkok telah mendapatkan banyak perhatian di media sosial, karena cara berolahraganya yang unik – berjalan dengan 150 kg pelat baja yang terpasang di kakinya.

Zhang Enshun, pria berusia 42 tahun dari Kota Yulin, Provinsi Guangxi, Tiongkok, telah berlatih dengan “sepatu besi” selama lima bulan terakhir, dan telah membuat kemajuan yang signifikan.

Setelah melihat laporan berita tentang orang-orang yang berolahraga berjalan dengan beban berat yang menempel di kaki mereka, dan mendengar mereka berbicara tentang manfaat dari pelatihan ini, Zhang memutuskan untuk mencobanya sendiri.

Dia mulai dengan memasang satu pelat baja, dengan berat sekitar 18,75 kilogram, di masing-masing kakinya dan mencoba untuk mengambil beberapa langkah dengannya.

Saat ini, dia bisa berjalan berkeliling dengan empat dari pelat baja yang terpasang di setiap kakinya, dengan setiap kaki seberat 75 kg, dan total 150 kg.

“Berat sepatu ini lebih dari dua kali berat badan saya, tetapi saya bisa berjalan lebih dari 50 meter dalam waktu sekitar 20 menit,” kata Zhang Enshun, menambahkan bahwa dia berjalan antara 200 dan 300 meter dengan sepatu besinya setiap hari.

Sebelum memulai berlatih dengan sepatu besinya, Zhang mengikatkan balok besi ke kakinya menggunakan sabuk tebal. Saat berjalan dia juga melakukan gerakan tai chi, untuk latihan yang lebih lengkap.

Dia baru-baru ini mengatakan kepada wartawan lokal bahwa dia telah membuat kemajuan besar dalam lima bulan terakhir.

Meskipun mengangkat beban empat kali lipat pada setiap kaki, dia masih mampu mengangkat kakinya 2 sentimeter dari tanah, dan maju hingga 20 sentimeter dengan setiap langkah.

Pria berusia 42 tahun itu mengklaim bahwa selain memperkuat otot dan tulang kaki, latihan sepatu besi meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga kesehatan persendiannya.

Namun, para ahli memperingatkan bahwa latihan semacam ini, yang telah dipraktikkan di Tiongkok selama beberapa waktu, memiliki risiko.

Dr Liang Zhou dari Rumah Sakit Yulin Integrated Traditional Chinese and Western Orthopedic mengatakan kepada HK01 News bahwa tulang setiap orang berbeda, dan bahwa tekanan yang dapat ditahan oleh tulang dan persendian seseorang terbatas, sehingga meningkatkan beban sepatu besi terlalu banyak dapat menyebabkan luka parah.

Dr. Liang menasihati siapa pun yang ingin melakukan latihan ini agar berhati-hati.(yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular