NTD

Kendaraan penjelajah planet Mars Perseverance diluncurkan pada 30 Juli 2020. Wahana penjelajah itu mampu mendarat sempurna di permukaan Mars yang lingkungannya keras. Itu setelah berhasil  menyelesaikan serangkaian operasi pendaratan yang kompleks secara independen tanpa awak pada 18 Februari 2021. 

Misi dari Perseverance ini adalah menemukan tanda-tanda kehidupan masa lalu di planet Mars. Tugas utamanya akan berlangsung selama lebih dari 2 tahun, tetapi mungkin juga terus diperpanjang.

Kantor berita Agence France-Presse melaporkan bahwa, mikrofon Perseverance tidak berfungsi dengan baik saat melakukan pendaratan, tetapi dapat menangkap suara segera setelah mendarat.

Dave Gruel, insinyur utama yang bertanggung jawab atas kamera dan sistem mikrofon Perseverance mengatakan : “Suara yang terekam selama 10 detik kita dengar sebenarnya adalah embusan angin di permukaan Mars yang terekam mikrofon kemudian dikirimkan ke Bumi”.

NASA juga mengunduh rekaman video definisi tinggi pertama dari pendaratan Perseverance. Rekaman berdurasi 3 menit 25 detik itu, diambil dengan 5 kamera pada 3 posisi berbeda dari probe pada saat yang bersamaan. Isinya adalah bukanya parasut berwarna merah dan putih.

Asisten Administrator NASA Thomas Zurbuchen yang bertanggung jawab atas urusan ilmiah mengatakan bahwa, video pendaratan Perseverance adalah “kesempatan terbaik untuk mengalami pendaratan di Mars dengan tanpa mengenakan pakaian luar angkasa”.

Film tersebut dengan jelas merekam keseluruhan proses pendaratan Perseverance yang  kecepatan tinggi, dari membuka parasut hingga mendarat di permukaan planet. Terutama di saat mendarat, debu di permukaan Mars bertebaran menjadi tontonan yang menarik.

Film tersebut menunjukkan pelindung panas pada Perseverance jatuh setelah melewati atmosfer Mars, dan saat kendaraan penjelajah tersebut mendarat di Kawah Jezero yang terletak di utara ekuator Mars.

Misi yang bertanggung jawab atas peluncuran Perseverance adalah Jet Propulsion Laboratory NASA. Direktur laboratorium tersebut Michael Watkins mengatakan : “Ini adalah pertama kalinya kita dapat menangkap peristiwa pendaratan di Mars”.

“Ini benar-benar film luar biasa yang kita tonton sepanjang akhir pekan”.  (sin)

Video Rekomendasi :

Share
Kategori: SAINS SAINS NEWS

Video Popular