Erabaru.net. Seorang wanita di Australia baru-baru ini pergi ke Facebook untuk berbagi foto ngengat raksasa yang dia temui di luar Brisbane.

Pam Taylor memposting foto pertama dari serangga besar yang menakutkan di grup Amatir Entomologi Australia, pada tanggal 23 Februari.

Foto-foto itu menunjukkan ngengat abu-abu besar menempel di cabang pohon. Untuk menunjukkan seberapa besar sebenarnya ngengat itu, wanita itu juga memotretnya di sebelah telapak tangannya yang terbuka.

(Foto: Pam Taylor / Facebook)

Jelas, foto-foto itu mendapat banyak perhatian dari ahli entomologi amatir lainnya, banyak di antaranya mengenali serangga tersebut sebagai spesimen Endoxyla Cinereus, atau Giant Wood Moth.

Namanya cukup jelas, tapi saya tidak pernah tahu ngengat sebesar ini. Ternyata, ini adalah spesies ngengat terberat di dunia, dengan beberapa spesimen yang beratnya mencapai 30 gram, dan dapat memiliki lebar sayap hingga 25 sentimeter.

Astaga, itu spektakuler! salah satu anggota Grup Facebook Amatir Entomologi Australia berkomentar.

(Foto: Pam Taylor / Facebook)

“Saya tidak pernah membayangkan kami memiliki ngengat sebesar itu di Australia, sungguh indah, ” tulis orang lain.

Pam kemudian memperbarui postingannya, menambahkan foto baru yang sekarang menunjukkan dua ngengat raksasa ini.

Rupanya, meski malam yang ganas dan penuh badai, ngengat raksasa itu berhasil menemukan pasangan kawin. Menariknya, spesimen yang lebih besar adalah betina.

(Foto: Pam Taylor / Facebook)

“Saya pergi untuk memeriksanya pagi ini untuk melihat apakah dia selamat dari badai tadi malam…. dia pasti membuat dirinya sibuk!… Pembaharuan! Ngengat terbesar adalah betina bukan jantan !!! ” Tulis Taylor dalam postingan pembaharuan di Facebook.

Melalui komentar, saya mengetahui bahwa makhluk luar biasa ini juga dikenal sebagai “ngengat badai” atau “ngengat hujan”.

Rupanya, mereka tidak memiliki mulut dan hanya hidup sebentar setelah menetas, jadi untuk meningkatkan peluang menemukan pasangan mereka mengandalkan cuaca untuk berkoordinasi.

(Foto: Pam Taylor / Facebook)

Ngengat Endoxyla Cinereus cukup umum ditemukan di pesisir Australia, namun, ngegat raksasa seperti yang diabadikan oleh Pam Taylor sangat jarang.(yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular