Makanan sehat untuk memelihara tubuh dan membantu kita memerangi penyakit

LYNN JAFFEE

Saya adalah seorang yang sangat pe- milih makanan saat masih kecil. Waktu makan malam adalah pertarungan yang menegangkan antara saya, orang tua saya, dan makanan hijau (sayuran) yang ada di piring saya — yang sebagian besar berasal dari kaleng atau lemari es dan dimasak dalam jarak satu inci dari umurnya.

Baru setelah saya menemukan salad bayam dengan saus dressing yang creamy, hidup saya berubah. Itu adalah terobosan yang memungkinkan saya menambahkan makanan seperti paprika merah, stroberi, arugula, dan kale ke dalam makanan saya — dan menyukainya.

Saya bersyukur pada kebiasaan pilih- pilih makanan saya di masa lalu, karena sebagai seorang ahli akupunktur dan praktisi pengobatan Tiongkok, makanan memainkan peran besar dalam proses penyembuhan. Dalam tradisi Timur, diyakini bahwa makanan adalah obat yang dimakan tiga kali sehari. 

Selain itu, jika Anda sakit, diyakini bahwa Anda harus mencoba menyembuhkan diri sendiri terlebih dahulu dengan asupan makanan yang tepat, dan jika gagal, sebaiknya Anda beralih ke akupunktur dan herbal.

Terapi makanan Tiongkok dianggap sebagai modalitas penyembuhan itu sendiri. Digunakan bersamaan dengan akupunktur, terapi herbal, dan bodywork Asia, terapi makanan didasarkan pada sejumlah prinsip yang sejalan dengan pengobatan Tiongkok. Meskipun sifat makanan tidak begitu kuat, namun ia mirip dengan khasiat jamu. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang penyembuhan dengan makanan dalam pengobatan Tiongkok:

Makanan memiliki suhu yang permanen.

Ini bukan tentang makanan yang disajikan panas-panas, melainkan tentang apakah itu menghangatkan atau mendinginkan setelah Anda mengonsumsinya. Makanan bisa panas, hangat, netral, sejuk, atau dingin. Misalnya, jahe, daun bawang, atau kayu manis dianggap sebagai makanan penghangat. Sebaliknya, mint, tauge, dan melon akan mendinginkan tubuh Anda.

Cara Anda memasak makanan memengaruhi kualitas termalnya.

Secara umum, semakin lama Anda memasak makanan, semakin hangat makanan itu bagi tubuh Anda. Misalnya, kentang yang telah dipanggang dalam oven selama 45 menit lebih hangat secara energik daripada kentang yang telah direbus selama sepuluh menit. Makanan mentah dianggap paling dingin, itulah sebabnya orang cenderung makan banyak sayuran  mentah segar di musim panas dan lebih memilih makanan hangat yang dipanggang di musim dingin.

Secara umum, berapa lama waktu yang dibutuhkan makanan untuk tumbuh memengaruhi suhunya.

Jadi labu yang menghabiskan sebagian besar musim panas dan gugur untuk matang, akan lebih hangat daripada tomat atau mentimun yang matang dengan cepat, dan siap untuk dimakan selama puncak musim panas.

Makanan juga memiliki tindakan yang permanen pada tubuh Anda.

Beberapa makanan baik untuk mem- bangun energi atau memperkuat darah Anda, makanan lain digunakan jika Anda menahan air dalam tubuh, dan lainnya digunakan untuk meningkatkan pencernaan Anda. Misalnya, jika Anda hendak menahan air, maka menambahkan seledri akan menjadi pilihan yang baik. 

Namun jika Anda pernah sakit dan mengalami batuk kering, lebih baik makan apel dan pir karena kemampuannya melembabkan paru-paru tanpa membentuk dahak.

Pencernaan adalah komponen besar dari terapi makanan Tiongkok.

Sederhananya, Anda membutuhkan pencernaan yang baik untuk mendapatkan energi dan nutrisi paling banyak dari makanan Anda. Jika Anda mengalami gejala apa pun, mulai dari mulas hingga gas, kembung, sakit perut, atau masalah usus, pencernaan Anda memerlukan sedikit bantuan. Dalam dunia terapi makanan, pencernaan yang baik adalah fondasi dari segala hal berikutnya.

Dalam hal makanan terbaik, semua orang tidak diciptakan sama.

Masing-masing dari kita memiliki kebutuhan kesehatan yang berbeda dan memperoleh manfaat yang berbeda dari makanan. Gagasan ini telah didukung baru-baru ini oleh para peneliti Barat, yang telah menemukan bahwa asupan makanan yang sama, mempengaruhi tingkat insulin subjek penelitian secara berbeda. 

Selain itu, kalori yang dinyatakan untuk suatu makanan hanyalah tebakan, berdasarkan pencernaan dan metabolisme Anda. Praktisi pengobatan Tiongkok telah lama mengetahui bahwa kita masing-masing memiliki kebutuhan asupan yang unik, dan untungnya pengobatan Barat akhirnya mengikuti gagasan ini.

Intinya adalah apa yang Anda  makan itu penting. Bagi saya, perjalanannya sudah lama dari dulu menjadi pemilih makanan hingga menikmati makanan yang menyajikan bayam dan selada musim semi, zucchini, lobak Swiss, dan berbagai buah- buahan. Ini mencakup memperoleh rasa akan makanan baru dan terbuka untuk memasak dengan cara yang berbeda. Saya juga ingat bahwa makanan adalah bahan penyusun untuk kesehatan yang  baik, dan apa yang saya makan secara langsung memengaruhi perasaan saya. (jen)

Lynn  Jaffe  Adalah  Ahli  Akupunktur berlisensi  Dan  penulis Simple Steps: The Chinese Way to Better Health” . Artikel ini pertama kali tayang di AcupunctureTwinCities.com.

 

Share

Video Popular