Qiao – NTD

Jumlah orang yang terinfeksi COVID-19  di seluruh dunia di luar daratan Tiongkok pada (4/3/2021), melebihi 115,4 juta kasus dan hampir 2,57 juta orang meninggal dunia. Situasi epidemi di Eropa Timur dan Tengah terus meningkat, di Korea Selatan, 5 orang meninggal dunia setelah divaksinasi dalam waktu dua hari.

Sementara itu, jumlah orang yang terinfeksi virus Komunis Tiongkok (COVID-19) di Amerika Serikat mencapai 28,8 juta orang dan 520.000 orang telah meninggal dunia.

Gubernur Arizona Doug Ducey  memerintahkan pada Rabu 4 Maret, kecuali tiga kabupaten dengan tingkat infeksi tertinggi, sekolah akan dibuka kembali sepenuhnya sebelum 15 Maret atau setelah liburan musim semi. 

Rochelle Valensky, Direktur Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat (CDC) mengatakan, semakin banyak data yang menunjukkan bahwa sekolah dapat dibuka kembali dengan aman. Sedangkan vaksinasi guru bukanlah prasyarat untuk membuka sekolah.

Pejabat di Brownsville, Texas, mengonfirmasi bahwa sejak akhir Januari 2021, sebanyak 108 imigran yang masuk ke negara itu secara ilegal telah dites positif terinfeksi.  Para imigran ini tersebar di seluruh Amerika Serikat. Anggota Komite Pengawas DPR AS bulan lalu, mengeluarkan peringatan keras bahwa kebijakan imigrasi pemerintahan Biden memicu krisis kesehatan.

Kepala kantor WHO di Eropa mengatakan, epidemi di Eropa Tengah dan Timur meningkat. Dilaporkan, terjadi penambahan kasus baru di beberapa negara Eropa Barat.  

Hongaria menambahkan 6.278 kasus yang dikonfirmasi pada Kamis 4 Maret. Angka itu rekor tertinggi sejak 7 Desember tahun lalu, dengan 152 kasus kematian pada hari itu. Pemerintah mengumumkan tindakan isolasi nasional terbaru. Perusahaan akan ditutup selama dua minggu mulai Senin 7 Maret. Sedabgjab taman kanak-kanak serta sekolah dasar, akan ditutup hingga 7 April 2021. Jam malam yang sebelumnya diterapkan, kembali diberlakukan.

Yunani telah memperketat kontrol pada pergerakan orang-orang sejak Rabu 3 Maret. Tujuannya, untuk mengurangi tekanan besar pada sistem medis yang disebabkan oleh lonjakan kasus infeksi. Saat ini, jumlah kumulatif infeksi di Yunani telah mencapai 200.000 orang, dan lebih dari 6.600 orang telah meninggal dunia.

Slovakia juga memperketat kontrol mulai Rabu 3 Maret, menambahkan jam malam dari pukul 20.00 malam hingga  pukul 01.00 dini hari. Negara itu, mengirim polisi militer untuk memeriksa penyeberangan perbatasan 24 jam sehari. Penduduk di daerah yang terkena dampak paling parah, harus dites setiap 7 hari sebelum mereka dapat pergi bekerja.

Pada 3 -4 Maret, lima orang di Korea Selatan meninggal dunia setelah divaksinasi. Salah satu perempuan yang meninggal berusia 20-an, dan dua laki-laki lainnya berusia 50-an. Mereka divaksinasi dengan AstraZeneca.

Setelah kasus kematian pertama yang diduga akibat vaksinasi dilaporkan, warga Hong Kong mengajukan lebih banyak pertanyaan tentang keamanan vaksin Kexing produk Tiongkok (CoronaVac). Pada  Rabu 3 Maret , jumlah orang yang vaksinasi menurun secara signifikan, dan ratusan warga membatalkan janji vaksinasi.

Sebuah laporan penelitian global yang dirilis pada Kamis 3 Maret menunjukkan bahwa, negara dengan lebih banyak orang gemuk memiliki kematian akibat virus yang lebih tinggi. Jika setidaknya 50% dari populasi orang dewasa kelebihan berat badan, tingkat kematian akibat virus dapat sepuluh kali lebih tinggi.  (hui)

Video Rekomendasi :

Share

Video Popular