Erabaru.net. Sebuah perusahaan teknologi konstruksi sedang mengerjakan pembangunan ‘komunitas terencana pertama di dunia untuk rumah cetak 3D’ di California.

Bisnis Mighty Buildings yang berbasis di California, AS, berspesialisasi dalam membuat rumah cetak 3D dengan berbagai ukuran, meskipun proyek yang akan datang akan membawa banyak hal ke level berikutnya.

Rencana untuk komunitas muncul pada bulan Desember 2020 ketika Palari Group, yang berfokus pada pengembangan, memesan rumah model ‘Cinco’ Mighty Buildings untuk pengembangan perumahannya di Rancho Mirage, California.

Proyek senilai 15 juta dollar (sekitar rp 216 miliar) akan terdiri dari 15 rumah di lima hektar lahan, yang digambarkan oleh Mighty Buildings sebagai komunitas rumah cetak 3D pertama yang direncanakan di dunia. Setiap rumah akan berukuran sekitar 137 meter persegi dan akan ditempatkan di atas tanah seluas 30000 meter persegi.

Rumah-rumah tersebut memiliki tiga kamar tidur dan dua kamar mandi, sementara unit terpisah di setiap plot juga akan berisi dua tempat tidur dan bak mandi.

Pemilik akan dapat menikmati kolam renang dan dek sebagai standar, meskipun mereka dapat meningkatkan ruang mereka dengan bak mandi air panas, perapian, atau pancuran udara terbuka.

Pengembangan ini akan dibangun menggunakan sistem Mighty Kit, yang menggunakan panel prefab untuk membuat rumah khusus, dan didasarkan pada Light Stone Material milik perusahaan yang dicetak 3D, yang menetapkan bentuknya berdasarkan paparan sinar UV.

Alexey Dubov, salah satu pendiri dan COO Mighty Buildings, mengatakan bahwa pembangunan tersebut akan menjadi ‘aktualisasi di lapangan pertama dari visi kami untuk masa depan perumahan – dapat digunakan dengan cepat, terjangkau, berkelanjutan, dan mampu menambah masyarakat sekitar dengan dinamika positif. ‘

Pada Associated Press, dia mengatakan:

“Kami sangat bersemangat untuk kolaborasi inovatif dengan Palari ini, dan menjadi bagian dari penciptaan komunitas cetak 3D pertama di dunia.”

Pengembangan futuristik akan dibuat menggunakan robot serta printer 3D, dengan Ruben mengatakan kepada Business Insider bahwa printer mengandalkan ‘otomatisasi robotik’ dan lengan robotik untuk fungsi seperti pemindaian kontrol kualitas.

Dengan menggunakan metode konstruksi ini, bangunan dapat dibuat lebih cepat dan 40% lebih murah, sekaligus mengurangi limbah konstruksi hingga 99%.

Seolah-olah pembangunan belum terdengar cukup maju, setiap rumah dilengkapi dengan ‘solusi kecerdasan kesehatan’ yang mengontrol aspek-aspek seperti kualitas udara dan air, fitur yang menciptakan pengalaman hidup yang nyaman dan berkelanjutan dengan hanya menggunakan energi saat dibutuhkan.

Rumah akan bergantung pada tenaga surya dan baterai Tesla Powerwall opsional untuk listrik, menjadikannya tanpa jaringan energi.

Dalam siaran persnya, Mighty Buildings menjelaskan: “Proyek ini bertujuan untuk meminimalkan dampak lingkungan dan menawarkan rumah pintar dan sehat kepada pembeli yang berpikiran berkelanjutan.”

Dengan rencana yang ada, pembangunan akan selesai musim semi berikutnya.(yn)

Sumber: Unilad

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular