oleh Xu Jialin

Meskipun router Wi-Fi yang dipasang di rumah hanya berupa alat kecil, tetapi sangat penting untuk kehidupan keluarga. Apalagi pada masa pandemi ini, dimana banyak orang harus tinggal dalam rumah untuk bekerja, belajar dan melakukan kegiatan sosial. 

Jadi, memiliki sebuah router Wi-Fi dengan lalu lintas jaringan yang lebih baik sangat penting untuk kualitas hidup dan suasana hati bagi setiap penghuni rumah.

Memiliki router dengan lampu yang terus berkedip membingungkan banyak orang, karena tidak tahu kapan router tersebut perlu diganti atau diperbaharui. Banyak orang berpikir, bahwa penggantian baru diperlukan ketika jaringan mulai sering terputus-putus atau ketika kecepatan jaringan terlalu lambat.

Umumnya, para ahli akan merekomendasikan untuk mengupgrade router setidaknya setiap 5 tahun sekali. Jika keluarga menggunakan banyak gadget rumah pintar, atau biasa membeli laptop, ponsel, dan perangkat Wi-Fi penting lainnya, jadi router sebaiknya diperbaharui setiap 2 hingga 3 tahun sekali.

Berikut adalah 4 alasan yang disarankan oleh situs web Cnet untuk mempertimbangkan penggantian router.

1. Kebutuhan akan kecepatan

Sebuah router yang baik harus dapat memanfaatkan kecepatan internet apapun yang kita pilih. Jika jaringan kita jauh lebih lambat dari yang diharapkan, maka kita perlu mengambil beberapa tindakan untuk memastikan apakah penyebabnya adalah router.

Dengan melakukan reboot yaitu mencabut sejenak kabel router dan modem ke sumber listrik, kemudian menyambungnya kembali kita dapat memastikan cepat atau lambatnya router. 

Ave Coleman, pakar Wi-Fi dan direktur pemasaran produk di ‘Extreme Networks’ juga menyarankan kepada kliennya, untuk melakukan reboot terhadap driver Wi-Fi di ponsel, laptop, dan perangkat penting lainnya.

Ada baiknya juga untuk mencoba menghindari pemakaian langsung lewat router dengan cara menghubungkan komputer langsung ke modem dengan kabel Ethernet. Jika kecepatan jaringan menjadi lebih cepat, hal ini jelas menunjukkan bahwa router belum mencapai potensi jaringan Anda.

Jika kecepatan internet masih lambat, coba gunakan beberapa perangkat berbeda (misalnya ponsel dan laptop) untuk melakukan beberapa tes kecepatan di berbagai lokasi di rumah. 

Adapun perangkat yang kita gunakan, hasil tes akan memberi tahu kita lebih jelas apakah masalah kecepatan jaringan disebabkan oleh perangkat klien tertentu, atau terkait dengan lokasi perangkat di rumah, atau masalah yang lebih besar yang memengaruhi kecepatan jaringan dari semua perangkat.

Untuk meningkatkan kecepatan jaringan, kita juga dapat mencoba untuk memindahkan router ke lokasi yang lebih terbuka dan lebih sentral di rumah kita. 

Sebaiknya, router ditempatkan setinggi mungkin, menyesuaikan sudut antena dapat membantu meningkatkan sinyal ke lokasi tertentu di sekitar rumah.

Jika semua cara ini tidak juga ada fungsinya, kita mungkin memerlukan router baru.

2. Ubah ke router Wi-Fi Mesh

Jika sinyal koneksi jaringan di beberapa bagian rumah kuat, tetapi lemah di bagian lainnya, atau bahkan tidak ada sinyal sama sekali. 

Dalam hal ini, meng-upgrade router jaringan mungkin merupakan salah satu peningkatan teknologi yang berarti. Router mesh menggunakan beberapa perangkat untuk memperluas jangkauan jaringan, sehingga sinyal dapat menyebar dengan stabil ke seluruh pelosok rumah.

Router telah ada selama beberapa tahun. Akan tetapi, baru satu atau dua tahun terakhir muncul opsi yang baik dengan harga dibawah USD. 300,- Konsumen sekarang memiliki banyak router seperti itu untuk dipilih, dengan harga mulai dari router tingkat awal seharga USD. 150 atau kurang hingga sistem Wi-Fi mesh tingkat atas yang harganya hingga USD. 700.

3.Tingkatkan ke Wi-Fi generasi berikutnya

Keamanan router terus mengalami pengembangan. Dalam beberapa tahun terakhir, dengan munculnya Wi-Fi 6 dan WPA 3 (masing-masing generasi terbaru Wi-Fi dan keamanan Wi-Fi), kinerja jaringan Wi-Fi menjadi meningkat pesat. Dalam hal ini, tidak heran kalau mempertimbangkan untuk meningkatkan kemampuan router yang ada di rumah.

Selain itu, karena epidemi, banyak orang tinggal di rumah lebih lama, membuat rencana untuk meningkatkan kemampuan router menjadi lebih menarik.

Ave Coleman mengatakan bahwa ketika seorang ibu yang bekerja di rumah mencoba untuk melakukan panggilan video, dia mengalami masalah jaringan karena anak-anak memutar video Netflix di lantai atas. “Ini menunjukkan bahwa kita mungkin sudah perlu untuk meningkatkan kemampuan jaringan Wi-Fi yang ada di rumah”.

Dengan mengganti Wi-Fi ke generasi terbaru (Wi-Fi 6) yang lebih sesuai untuk menggunakan Wi-Fi di lingkungan yang padat. 

Dalam lingkungan ini, sebuah keluarga memiliki banyak perangkat yang bersaing untuk mendapatkan bandwidth. Wi-Fi 6 jelas merupakan cara untuk meningkatkan kinerja jaringan, dan ada juga banyak router Wi-Fi 6 baru dan perangkat klien yang dapat dipilih. Tampaknya, tahun 2021 Ini adalah tahun yang layak untuk membeli dan menggunakan peralatan Wi-Fi 6.

Wi-Fi 6E adalah nama baru untuk perangkat Wi-Fi 6 khusus. Perangkat ini dilengkapi dengan antena tambahan yang dapat mengirimkan sinyal melalui spektrum frekuensi ultra-lebar di pita frekuensi 6 GHz. 

Ave Coleman menjelaskan : “Setelah Wi-Fi 6E dipopulerkan, ia akan menjadi hebat, tetapi karena semua produk Wi-Fi yang dimiliki konsumen sekarang menggunakan pita frekuensi 2.4Hz atau 5GHz, sehingga kecepatan transmisinya akan menjadi lambat”.

“Saat ini total perangkat Wi-Fi di dunia mencapai 14 atau 15 miliar buah, dan mereka tidak akan pernah bisa terhubung ke Wi-Fi 6E 6 GHz”, katanya.

4. Router tidak akan menghasilkan keajaiban

Poin utama yang kiranya perlu dipahami adalah bahwa router tidak akan mempercepat kecepatan jaringan atau memperluas bandwidth. Kecepatan jaringan dan bandwidth, dibeli dari Internet Service Provider (ISP). Jika bandwidth yang dimasukkan ke rumah oleh ISP tidak cukup, maka router tidak dapat berbuat apa-apa.

Coleman menganjurkan agar anggota keluarga bersama melakukan penghematan bandwidth.  Terutama dengan membatasi penggunaan Netflix oleh anak-anak. Sarannya adalah bahwa cari router dengan pengaturan kontrol yang dapat dipegang orang tua.

Ini juga merupakan salah satu alasan mengapa router yang lama perlu diganti. (sin)

Video Rekomendasi :

Share
Tag: Kategori: TECHNEWS TEKNOLOGI

Video Popular