Erabaru.net. Seorang dokter hewan Thailand, Pattarapol Maneeon, baru-baru ini secara tak terduga dipertemukan kembali dengan seekor gajah liar yang dia selamatkan 12 tahun yang lalu. Tak disangka, gajah ini dengan cepat mengenalinya, dia tidak hanya menyapanya dengan belalainya, tapi juga mengeluarkan suara yang aneh.

Gajah adalah hewan keberuntungan dan kekayaan nasional Thailand. Untuk berterima kasih dan menekankan pentingnya gajah, Pemerintah Thailand menetapkan 13 Maret sebagai Hari Gajah Nasional. Perayaan akbar akan diadakan setiap tahun di seluruh negeri agar gajah dapat menikmati makanan buah.

Belum lama ini, Maneeon, dokter hewan dari Departemen Konservasi Satwa Liar Thailand, menulis di Facebook tentang pengalamannya yang aneh saat bertemu dengan gajah liar yang dia selamatkan 12 tahun lalu.

Maneeon mengatakan gajah liar itu menderita penyakit trypanosomiasis yang parah pada saat itu. Ditemukan parasit bernama Trypanosoma evansi dalam darahnya. Ia mengalami demam tinggi, nafsu makan hilang, mata iritasi dan keruh. Gejalanya seperti edema pada leher dan perut , kaki dan punggungnya kaku.

Yang lebih serius adalah trypanosomiasis pada gajah liar dapat ditularkan ke gajah atau hewan lain, menyebabkan sejumlah besar kawanan gajah atau hewan akan mati, membutuhkan pengobatan jangka panjang untuk sembuh.

Maneeon mengatakan bahwa butuh waktu lama baginya untuk menyembuhkan gajah liar yang sakit itu. Gajah liar ini agresif, dan butuh waktu lama hingga dia dipercaya untuk mendekatinya dan memulai pengobatan.

Setelah gajah liar itu sembuh, mereka dilepaskan kembali ke hutan. Tak disangka, saat Maneeon sedang merawat hewan di gunung belum lama ini, tanpa disangka dia bertemu lagi dengan gajah tersebut.

Yang lebih mengejutkannya adalah setelah 12 tahun, gajah liar itu masih mengingatnya dan sekilas mengenalinya.

Saat melihat Maneeon gajah itu menjulurkan belalainya untuk menyambutnya dan mengeluarkan suara yang sangat aneh. Maneeon mengatakan bahwa dia belum pernah mendengar gajah lain mengeluarkan suara seperti itu.

Ini membuat Maneeon terkejut dan terharu, sehingga dia mengambil gambarnya dan memposting di Facebook pada 13 Maret, bertepatan dengan Festival Gajah Thailand untuk berbagi pengalaman tak terlupakannya.(yn)

Sumber: NTDTV

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular