Erabaru.net. Soal mudik lebaran 2021, Satgas Penanganan Covid-19 mengingatkan hendaknya perayaan lebaran disikapi secara bijaksana dan dilakukan secara sederhana mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah pun saat ini masih membahas kebijakan yang akan diambil saat Idul Fitri yang erat dengan tradisi mudik lebaran. Dikarenakanm mudik lebaran berdampak pada meningkatnya mobilitas masyarakat dari satu daerah ke daerah lainnya.

“Sejauh ini dengan kebijakan mudik lebaran masih dalam tahap pembahasan oleh kementerian dan lembaga terkait,” ujarnya dalam keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Selasa (16/3/2021) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden dalam keterangan persnya.

Nantinya, apapun keputusan pemerintah terkait mudik lebaran harus disikapi secara bijaksana. Dilarang atau tidaknya mudik lebaran kelak, masyarakat pun harus cermat untuk memutuskan dalam menghadapi hari raya lebaran. Masyarakat diharapkan mengambil keputusan yang terbaik saat tradisi lebaran menjelang.

“Saya mengharapkan sikap bijak dari masyarakat, untuk dapat mengambil keputusan terbaik, khususnya melakukan perjalanan jauh yang berpotensi meningkatkan penularan,” pesan Wiku.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah tidak melarang mudik lebaran 2021. Meski demikian, Kemenhub segera berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 sebagai langkah pencegahan di tengah pandemi.

“Kemenhub tidak bisa melarang atau mengijinkan mudik, karena harus dikoordinasikan dengan Kementerian/Lembaga terkait dan Satgas Covid 19, yang nanti akan memberikan arahannya,” kata Menhub saat Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI, di Jakarta, Selasa (16/3/2021) dilansir dari situs Kemenhub. (asr)

Video Rekomendasi :

Share

Video Popular