Zhou Qi – NTD

Gunung berapi Fagradalsfjall di Islandia tidak aktif selama 900 tahun, tetapi kini sudah bangkit dengan serangkaian gempa  dan mulai meletus pada (19/3/2021). Pemandangannya cukup menakjubkan.

Erupsi Gunung berapi Fagradalsfjall meluncurkan lava merah yang terus menerus  dari kawah, menyebar di sepanjang gunung berapi. Seperti urat lava yang bersilangan secara bertahap mewarnai langit malam Islandia.

Menurut Badan Meteorologi Islandia, gunung berapi itu terletak sekitar 30 kilometer barat daya ibu kota Islandia, Reykjavik.

Gunung Fagradalsfjall  sebenarnya sudah tidak aktif selama 900 tahun. Namun, Semenanjung Reykjanes di mana lokasinya berada belakangan ini cukup tidak aman. Dalam beberapa minggu telah terjadi setidaknya 40.000 gempa kecil, yang akhirnya membangunkan gunung berapi tersebut.

Fenomena ini juga membangkitkan minat para ahli geografi yang datang untuk melakukan penelitian.

Ahli Geologi Christopher Hamilton, dari Universitas Arizona dikutip ABC menuturkan : “Ini benar-benar letusan yang menarik. Kali ini (letusan gunung berapi) sangat dekat dengan Reykjavik. Ini adalah lingkungan penelitian yang hebat.”

Gunung Fagradalsfjall adalah gunung berapi yang bergerak, dan magma mengalir keluar secara perlahan dan pasti. Oleh karena itu Badan Meteorologi Islandia memprediksi, tidak akan menimbulkan bahaya. Begitu banyak turis dan penduduk berlarian untuk menyaksikan kesempatan tersebut dari dekat.

Seorang petugas tim penyelamatan Islandia, Sigtryggsson mengatakan : “Ini adalah hal terindah yang pernah ia lihat, Kami akan memastikan orang-orang aman dan berusaha menjauhkan mereka semua orang dari lahar.”

Saat ini, abu vulkanik belum terdeteksi di Islandia. Demi alasan keamanan, polisi menginstruksikan penduduk yang tinggal di sebelah timur gunung berapi untuk menutup jendela dan tetap berada di dalam ruangan untuk menghindari ketidaknyamanan fisik.

Islandia memiliki 32 gunung berapi aktif, sebagai negara dengan gunung berapi terbanyak di Eropa, dan rata-rata dalam 5 tahun, sebuah gunung berapi meletus sekali.  (hui)

Video Rekomendasi :

Share

Video Popular