Erabaru.net. Seorang pria yang mengeluh sakit perut telah mengeluarkan cacing pita sepanjang 18 meter dari anusnya – yang terpanjang yang tercatat di Thailand selama 50 tahun.

Pasien berusia 67 tahun, dari Provinsi Nong Khai, mengatakan dia menderita “perut kembung” sejak awal Maret dan pergi ke rumah sakit di mana dokter mengambil sampel tinja untuk diperiksa.

Hasil test menunjukkan di dalamnya terdapat 28 larva infektif yang diyakini para dokter berasal dari daging sapi yang belum dimasak.

Mereka meresepkan obat kepada pasien sebelum cacing yang panjang itu keluar dari anusnya keesokan harinya pada hari Sabtu (20/3).

Rekaman yang diambil di Pusat Penelitian Penyakit Parasit menunjukkan dua petugas medis yang tercengang menuangkan air ke bongkahan besar cacing pita.

Kemudian mereka menggunakan penjepit untuk mengeluarkan cacing dan meletakkannya di atas alas plastik merah.

Panjangnya sekitar 18 meter, menjadikannya cacing pita terpanjang yang terlihat di Thailand dalam 50 tahun terakhir.

Seorang juru bicara Pusat Penelitian Penyakit Parasit mengatakan: “Cacing pita sapi Taenia saginata dengan panjang lebih dari 18 meter diperoleh dari pasien yang sampelnya dikirim ke pusat tersebut.

“Dia diberi obat cacing sebelum tidur dan di pagi hari cacing yang panjang ini keluar dari anusnya. Ukurannya sangat panjang dan butuh beberapa saat bagi kami untuk meletakkan semuanya di tanah.”

Pria itu diberi obat dan dia diperingatkan untuk mengubah kebiasaan makannya.

Taenia saginata atau biasa dikenal dengan nama cacing pita sapi merupakan jenis parasit yang dapat hidup di usus manusia hingga 30 tahun.

Dr. Schawanya Rattanapitoon, yang memimpin tim tersebut, mengatakan: “Penularan disebabkan oleh makan daging mentah. Parasit ini dapat hidup pada manusia selama lebih dari 30 tahun.”

“Namun, saat ini, mereka tidak bertahan lama karena obat yang lebih baik tersedia.

“Kami telah menyarankan agar keluarga pasien juga menjalani tes medis untuk mengetahui apakah mereka memiliki parasit karena mereka juga berisiko. Kami memperingatkan mereka untuk tidak terus mengkonsumsi daging mentah karena itulah salah satu penyebab utama parasit di dalam tubuh.”

Manusia dapat terinfeksi jika mereka makan daging mentah atau setengah matang yang mengandung larva infektif.(yn)

Sumber: dailystar

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular