Erabaru.net. Penyakit yang belum teridentifikasi telah menewaskan seorang gadis dan menyebabkan lebih dari 30 murid sakit di sekolah berasrama di Nigeria.

Penyakit misterius telah melanda Government Girls College di Sokoto yang dikelola oleh pemerintah – menyebabkan satu murid meninggal dan lebih dari 30 dirawat di rumah sakit menurut media lokal.

Gambar muncul dari lusinan gadis berbaring di tikar di lantai sekolah asrama sambil terlihat lesu dan tertekan.

Direktur Kesehatan Masyarakat di Sokoto Ahmed Abdulrahman mengatakan kepada TVCNews bahwa lebih dari tiga puluh siswa dirawat di rumah sakit setempat akibat wabah tersebut.

Dia tidak mengungkapkan rincian tentang gadis yang meninggal itu, tetapi pejabat kesehatan telah mengambil sampel dari siswa yang sakit untuk menyelidiki sifat penyakitnya.

Komisioner Sains dan Teknologi Dr Julu Haruna, yang kementeriannya membawahi sekolah tersebut, mengatakan pemerintah negara bagian telah mengirimkan sepuluh dokter medis ke sekolah tersebut.

“Situasi menjadi terkendali karena intervensi cepat dari pemerintah negara bagian,” kata Dr Haruna kepada TNG.

“Semua siswa yang terinfeksi telah diisolasi untuk mencegah penyebaran penyakit. “

Abdulrahman menyerukan untuk tenang dan mengatakan kementerian kesehatan telah meluncurkan penyelidikan atas penyakit tersebut.

Penyakit misterius itu muncul ketika tiga orang meninggal dan 284 orang dirawat di rumah sakit setelah meminum minuman buah kadaluwarsa di Nigeria.

Wabah itu menyebar di delapan kota dekat kota barat laut Kano, kata para pejabat Selasa (23/3) lalu.

Komisioner Kesehatan Negara Bagian Kano, Dr Aminu Ibrahim Tsanyawa, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa insiden tersebut terjadi ketika pasien meminum minuman bubuk asam sitrat kadaluwarsa.

Wabah itu mempengaruhi 284 orang, katanya, dengan 183 pasien saat ini menerima perawatan di rumah sakit dan 101 dipulangkan dari rumah sakit. (yn)

Sumber: dailymail

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular