Erabaru.net. Sebuah perusahaan rintisan ban telah bekerja sama dengan NASA untuk menghadirkan ban sepeda luar angkasa pertama di dunia ke pasar umum.

Perusahaan Ban SMART baru-baru ini mengumumkan ban sepeda inovatif tanpa udara yang awalnya dikembangkan dan diuji oleh NASA untuk misi Mars Rover di masa depan.

Dijuluki METL, ban revolusioner ini terbuat dari logam memori pintar yang, tidak seperti peregangan, mengatur ulang struktur molekulnya saat Anda menekuknya, tetapi langsung kembali ke bentuk aslinya.

(Foto: The SMART Tire Company)

Ini pada dasarnya memiliki fleksibilitas karet tetapi sekuat titanium, yang berarti Anda mungkin tidak perlu mengganti ban sepeda lain seumur hidup Anda.

“Kabel dijalin bersama untuk menciptakan struktur ban tanpa udara yang memiliki kemampuan untuk melenturkan dengan medan, tidak seperti roda kaku saat ini. Bahan SMA (Shape Memory Alloy) bertindak sebagai peredam kejut dan dapat melintasi medan yang sarat batu dengan mudah tanpa merusak atau merusak ban, ”NASA menjelaskan teknologi yang mendasari di balik ban METL.

(Foto: The SMART Tire Company)

Secara teknis, ban pintar METL sebenarnya adalah pelek dengan tepi luar yang terbuat dari bahan super elastis yang disebut NiTinol +, yang membentuk gundukan di jalan tetapi memantul kembali ke bentuk aslinya hampir seketika.

(Foto: The SMART Tire Company)

Diproduksi menggunakan proses yang memanaskan roda hingga suhu lebih dari 500 derajat Celcius, ban METL dirancang untuk suhu ekstrem dan lingkungan planet seperti Mars. Dengan demikian, Anda dapat mengharapkan ban tanpa udara ini bertahan lebih lama daripada ban tubeless biasa.

(Foto: The SMART Tire Company)

Ban pintar METL adalah hasil dari inisiatif yang disponsori NASA yang menantang startup dari sektor swasta untuk mengadaptasi inovasi yang layak untuk ruang angkasa untuk penggunaan dunia nyata.

(Foto: The SMART Tire Company)

Salah satunya adalah SMART Tire Company, yang berencana meluncurkan secara komersial ban sepeda inovatifnya tahun depan. (yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular