Erabaru.net. Kaki ayam pada dasarnya terdiri dari jaringan ikat: kulit, tendon, tulang rawan, dan tulang, semua komponen ini memiliki nutrisi hebat yang menyediakan vitamin dan mineral untuk berfungsinya tubuh.

Menurut para ahli nutrisi, satu porsi ceker ayam seberat 70 gram dapat memberikan asupan gizi pada tubuh:

Kalori: 150

Protein: 14 gram

Lemak: 10 gram

Karbohidrat: 0,14 gram

Kalsium: 5% dari Nilai Harian (DV)

Fosfor: 5% dari DV

Vitamin A: 2% dari DV

Folat (vitamin B9): 15% dari DV

Sekitar 70% kandungan ceker ayam merupakan collagen, protein yang menonjol karena perannya memberikan kekuatan dan ketahanan pada kulit, tendon, otot, tulang dan ligamen.

Selain itu, ceker ayam merupakan sumber asam folat (vitamin B9), yang membantu dalam sintesis DNA, mencegah kelainan bawaan pada kehamilan.

Meskipun mereka memiliki cukup banyak lemak di kulit, ini biasanya berkurang saat dimasak. Beberapa orang memilih untuk menggoreng atau menyajikannya dalam saus dan cara ini meningkatkan karbohidrat, lemak, dan kalori.

Berikut manfaat mengonsumsi ceker ayam:

1. Mnyediakan Kolagen

Kaki ayam mengandung kolagen tingkat tinggi, ideal untuk melawan nyeri sendi, mengurangi osteoartritis dan radang sendi. Mereka juga meningkatkan kepadatan tulang pada wanita pascamenopause.

2. Meningkatkan kesehatan kulit

Kolagen dalam jumlah tinggi yang mereka miliki meningkatkan kesehatan kulit, melembabkannya, dan memberinya elastisitas yang lebih besar.

Kolagen juga telah terbukti mengurangi pembentukan kerutan dan melindungi kulit dari sinar UV.

Kolagen membuat kulit terhidrasi, bebas dari kekasaran, elastisitas, dan kepadatan, yang juga mendukung penyembuhan luka dan penuaan.

3. Mengendalika kadar gula darah

Protein pada ceker ayam meningkatkan kadar gula darah, merangsang hormon yang memproduksi insulin, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Penelitian telah menunjukkan bahwa protein kaki ayam bermanfaat untuk mengontrol gula darah dengan menstimulasi glukagon-like peptide 1 (GLP-1). Hormon inilah yang berfungsi mengaktifkan produksi insulin.

4. Mengurangi nyeri sendi

Berkat kandungan kolagennya yang tinggi, kaki menstimulasi regenerasi alami jaringan yang mengurangi gejala kondisi seperti osteoartritis, yang merusak atau menghancurkan tulang rawan yang menyebabkan tulang bergesekan menyebabkan nyeri, peradangan, dan bahkan memengaruhi mobilitas.

Menurut beberapa penelitian medis, dosis kolagen yang berasal dari tulang rawan ayam mengurangi rasa sakit, kekakuan dan disfungsi fisik osteoartritis lutut.

5. Mencegah tulang kropos

Konsumsi ceker ayam meningkatkan pembentukan dan kepadatan tulang, kolagen merupakan komponen penting dari massa tulang.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Vena dan arteri memiliki kolagen, begitu pula dengan elastin, sehingga mengonsumsi ceker ayam merupakan pilihan yang sangat baik untuk memberikan elastin dan kolagen serta mencegah timbulnya penyakit jantung.

Penting untuk mencuci ceker ayam sebelum memasaknya, dianjurkan untuk direbus, buang airnya dan lanjutkan ke persiapan resep lain. (yn)

Sumber: viralistas

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular