Erabaru.net. Xin Youzhi, alias Xinba, tokoh online yang dikenal sebagai raja penjualan live streaming Tiongkok, baru-baru ini berhasil menjual lebih banyak produk dalam satu hari daripada yang dijual oleh pusat perbelanjaan Hong Kong dalam 12 bulan.

Lahir di sebuah desa kecil di timur laut Tiongkok, Xinba berhasil melewati rintangan, menjadi salah satu perdonalitas web paling populer di Tiongkok, serta penjual live streaming paling sukses.

Beroperasi pada platform streaming Tiongkok Kuaishou, wirausahawan muda yang berspesialisasi dalam mempromosikan semua jenis produk kepada para penggemarnya, dan mencoba membuat mereka membeli sebanyak mungkin selama siaran online-nya.

Dia juga sangat ahli dalam hal itu, seperti yang ditunjukkan oleh pencapaian terbarunya, menjual barang senilai lebih dari Rp 4 triliun selama streaming 12 jam.

Placeholder Pemain Primis

Penjualan live streaming sudah menjadi bisnis besar di Tiongkok, tetapi pandemi COVID-19 dan pembatasan yang diberlakukan oleh pemerintah semakin meningkatkan bisnis online.

Pada tahun 2019, selama festival belanja 6 November, Xinba menjadi berita utama dengan menghasilkan lebih dari Rp 800 miliar penjualan dalam satu hari, tetapi dibandingkan dengan rekor terbarunya, itu terdengar tidak mengesankan.

Selama live streaming pertamanya setelah penangguhan 60 hari dari Kuaishou, karena mempromosikan sarang burung palsu, makanan lezat Tiongkok yang mahal, Xinba menghabiskan 12 jam untuk mempromosikan berbagai macam produk, mulai dari shampo hingga ponsel, kepada lebih dari 40 juta penggemarnya.

Di akhir maraton live streaming-nya, Xinba telah menjual barang lebih dari 2 miliar yuan (sekitar Rp 4,4 triliun) .

Itu jumlah uang yang mengejutkan, terutama mengingat bahwa pusat perbelanjaan Times Square di Causeway Bay, Hong Kong, menghasilkan kurang dari itu sepanjang tahun 2020.

Memang, ini bukan tahun terbaik dalam catatan, dan angka Xinba tidak termasuk pengembalian barang dan uang, tapi tetap saja, prestasinya sangat mengesankan.

Tidak seperti kebanyakan penjual live streaming lainnya di Tiongkok, Xinba tidak terlalu fokus pada kategori produk, melainkan mempromosikan apa pun mulai dari kasur, hingga gadget dan produk kecantikan.

Jika bisa dijual, dia akan mempromosikannya, dan jutaan penggemarnya akan membelinya. Hari ini, Xinba adalah streamer terpanas di Kuaishou dan salah satu yang paling populer di Tiongkok.

Jadi, bagaimana Xin Youzhi muda meyakinkan pengikutnya untuk menyerahkan uang mereka selama streaming langsungnya?

Nah, selain menggunakan taktik penjualan dan pemasaran yang baik, dia sangat mengandalkan latar belakangnya, terus-menerus mengingatkan jutaan penggemarnya – yang sebagian besar adalah petani – bahwa dia adalah putra seorang petani juga.

Dia tidak berbohong, tetapi dia telah menempuh perjalanan jauh sejak hari-hari bertani, sekarang dilaporkan menyumbangkan miliaran rupiah untuk membantu orang-orang di Wuhan, selama hari-hari awal pandemi.

Terlepas dari perilakunya yang kontroversial, atau mungkin karena itu, Xinba adalah penjual live streaming ulung yang bernilai ratusan miliar rupiah, dan sekarang dapat membual tentang menjual lebih banyak dalam sehari daripada yang dilakukan mal dalam setahun.(yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular