Erabaru.net. Untuk melunasi utangnya hampir dua miliar rupiah, Marek dan Ko Bush menyusun rencana mengurangi are rumahnya agar bisa menghemat pengeluaran.

Dua tahun kemudian, setelah pindah ke rumah kecil yang mereka rancang, pasangan itu benar-benar bisa melunasi utangnya dan siap untuk menetapkan tujuan hidup mereka selanjutnya: memulai sebuah keluarga. Putri mereka lahir pada bulan Maret.

Pada 2017, Marek dan Ko Bush dari Kansas City, Missouri, AS, tinggal di apartemen seluas 102 meter persegi di Florida. Setelah dihitung-hitung, ternyata mereka masih punya utang sebesar 125.000 dolar AS (sekitar Rp 1,8 miliar), sehingga mereka mulai menyusun anggaran untuk mengatasi masalah tersebut.

(Foto: Courtesy of Living Tiny with the Bushes)

“Kami memutuskan untuk melunasi semua utang,” kata Marek kepada Business Insider.

Marek yang bergerak di bidang retail security mulai mencari rumah kecil yang menurutnya rumah kecil bisa sangat mengurangi pengeluaran mereka.

Istrinya, Ko, seorang guru dan merangkap waitress, tidak langsung yakin.

“Kami memiliki banyak furnitur, dan saya hanya tidak ingin melepaskannya. Tetapi ketika saya menyadari itu hanya materi, saya berpikir, ‘Anda tahu, ini adalah ide bagus’,” Ko menjelaskan.

Pertama, mereka mengundang calon pembeli ke apartemennya untuk melihat furnitur, termasuk satu set furnitur kamar tidur tujuh bagian dan satu set sofa modular ekstra besar. Tak satu pun dari ini cocok untuk rumah seluas sekitar 18 meter persegi, tempat mereka akan pindah.

Mereka menjual segalanya dan menabung sejumlah uang untuk melunasi utang yang besar.

Setelah itu, Marek menyadari bahwa dia dan istrinya telah mengumpulkan barang-barang “hanya untuk mengisi ruang”.

Langkah selanjutnya adalah pindah ke rumah kecil. Pasangan itu tidak hanya berencana pindah ke sebuah rumah kecil, tetapi juga mengarahkan pandangan mereka untuk mendesain rumah itu sendiri.

(Foto: Courtesy of Living Tiny with the Bushes)
(Foto: Courtesy of Living Tiny with the Bushes)

The Bushes bekerja dengan Keystone Micro Housing Corporation di Florida untuk menyusun denah lantai rumah kecil, yang mencakup semua fungsi terpenting dan jaminan kenyamanan. Mereka bahkan menunjukkan ciri khas rumah ini dalam video “Mini Family Trip” di YouTube.

Ruang tamu memiliki TV 55 inci dan sofa tiga tempat duduk dengan loker di bawah sofa, kamar mandi / ruang cuci multifungsi termasuk bilik shower ukuran standar, dapur dilengkapi dengan kompor stainless steel khusus, microwave dan Large meja kayu.

“Saya berkata, ‘dengar, jika saya ingin mengurangi ruang tamu, saya tidak ingin mengorbankan dapur saya!’ ” Kata Ke.

(Foto: Courtesy of Living Tiny with the Bushes)

Marek memastikan ketinggian langit-langit bisa memenuhi ketinggian 2, 5 meter

“Saya suka memasang banyak hal di rumah kecil karena dapat membebaskan ruang untuk Anda sehingga Anda tidak perlu mengambil tempat di atas meja atau lantai,” katanya.

Setelah mendapatkan pinjaman pribadi berbunga rendah dari Sunshine Trust Bank, Marek dan Ko membayar 55.000 dollar (sekitar Rp 798 juta) untuk pembelian rumah itu. Proses konstruksi memakan waktu 4 bulan.

(Foto: Courtesy of Living Tiny with the Bushes)

Setelah tinggal di taman selama 18 bulan, Bush menetap di komunitas perumahan kecil Danau Dallas di Texas pada April 2019.

Dua tahun kemudian, Marek dan Ko bisa melunasi hutang 125.000 dollar dan juga melunasi rumah kecil itu.

Setelah rencana yang begitu sukses, pasangan tersebut juga sepenuhnya siap untuk cuti tanpa bayaran selama pandemi.

“Dalam seluruh proses pembayaran hutang, kami secara ketat mematuhi anggaran,” kata Marek. “Dari cuti yang belum dibayar, kami dengan mudah kembali ke cara hidup dengan anggaran untuk mencari tahu apa yang bisa kami potong. Apa yang harus dikurangi. untuk mengurangi biaya hidup sebanyak mungkin. “

(Foto: Courtesy of Living Tiny with the Bushes)
(Foto: Courtesy of Living Tiny with the Bushes)

Pada Desember tahun lalu, Bush mulai merencanakan properti seluas 4 hektar di kampung halaman mereka di Kansas City.

“(Mudah-mudahan) dalam 1-2 tahun ke depan, mereka akan membangun komunitas perumahan mikro di sana!” Tulis Marek di Instagram Disebutkan di atas.

Putri bungsu pasangan itu lahir pada 17 Maret, dan mereka juga memiliki saluran YouTube berjudul “Tinggal di Rumah Kecil dengan Keluarga Bush”, tempat mereka berbagi pandangan tentang pernikahan, uang, dan gaya hidup rumah mini. (yn)

Sumber: epochtimes

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular