Zachary Stieber

Istana Buckingham mengumumkan Pangeran Phillip, yang merupakan suami ratu Ratu Elizabeth II wafat pada umur  99 tahun di Kastil Windsor, Inggris, Jumat (9/04/2021). Ia tutup usia menjelang dua bulan ulang tahunnya  ke 100 tahun. 

Kastil Windsor adalah kediaman keluarga kerajaan di Berkshire, Inggris.

“Dengan rasa sedih yang mendalam, Yang Mulia Ratu mengumumkan suami tercintanya, Yang Mulia Duke of Edinburgh Pangeran Philip meninggal dunia,” demikian pernyataan resmi pihak kerajaan Inggris.

 Tidak ada penyebab kematian yang disampaikan. Pihak keluarga berencana menyampaikan  pengumuman lebih lanjut terkait kematian tersebut.

Pangeran philip pada bulan lalu, baru saja keluar dari rumah sakit di London. Selama sebulan perawatan, dia dipindahkan ke rumah sakit perawatan jantung di mana dia menjalani prosedur jantung.

Philip pernah menerima perawatan untuk berbagai penyakit di waktu lain dalam beberapa tahun terakhir, termasuk operasi pinggul pada musim semi 2018.

Pangeran Philip secara bertahap tak pernah lagi tampak di publik. Pada tahun 2017 silam, dia mengatakan tak akan berpartisipasi dalam pertunangan kerajaan lagi. Tak lama kemudian, dia muncul untuk terakhir kalinya pada peran formal dalam sebuah parade.

Philip pernah terlibat dalam kasus tabrak mobil yang mengenai pengendara lainnya di Norfolk pada 18 Januari 2019. Dalam sebuah surat kepada wanita yang mengendarai mobil tersebut, Phillip mengatakan menyesal atas apa yang terjadi.

Dua wanita dan seorang bayi berada di mobil tersebut. Pengemudinya seorang  perempuan berusia 28 tahun, mengalami cedera di lutut. Sedangkan wanita yang membawa bayi  mengalami patah pergelangan tangan. Bayi di dalam kenderaan itu tidak terluka. 

The Guardian melaporkan, Pangeran secara sukarela menyerahkan SIM dan jaksa penuntut memutuskan untuk tidak menuntutnya.

Philip lahir di pulau Corfu di Yunani, pada 10 Juni 1921. Tetapi, ia dan keluarganya diusir dari negara itu. Dikarenakan pamannya, Raja Constantine I, terpaksa harus mundur dari takhta.

Keluarganya pindah ke Prancis dan pangeran dikirim ke Inggris untuk bersekolah. Ia bertemu dengan Elizabeth ketika dia mengajaknya tur ke Royal Naval College di Dartmouth.

Mereka menikah pada tahun pada tahun 1947.

Pasangan itu memiliki empat anak: Charles, Anne, Andrew, dan Edward. Pangeran Charles, 72, adalah yang pertama untuk mencapai takhta kerajaan Inggris jika ibunya pergi, diikuti oleh putra tertua Pangeran Charles, Pangeran William yang berusia 38 tahun. (asr)

Video Rekomendasi :

Share

Video Popular