Erabaru. net. Seekor anak anjing gembala Jerman hampir mati setelah menelan tusukan kebab berukuran sekitar 10 cm. Namun dia telah membuat kagum dokter hewan karena dia dapat bertahan selama delapan minggu dengan benda tersebut di dalam tubuhnya.

Bear yang berusia sepuluh bulan membutuhkan operasi darurat di Abington Park Veterinary Surgery di Northampton, Inggris, untuk mengeluarkan benda itu dengan hati-hati setelah ia menelannya di acara BBQ keluarganya.

Luar biasa, benda itu nyaris saja merusak organ utama Bear. Pemiliknya Richard Davidson, baru menyadari hal ini ketika anjing itu mulai pincang saat berjalan. Untungnya Bear telah pulih sepenuhnya.

“Anjing sangat licik dalam hal makanan dan mereka sangat cepat. Karena anjing kami ingin makan apa saja, kami selalu berusaha berhati-hati,” kata Richard.

“Dalam hal ini kami bahkan tidak melihat Bear mengambilnya atau mencurinya dari piring seseorang. Jadi, kami tidak menyadari akan masalah ini.”

Dia menambahkan, : “Berbulan-bulan kemudian dia mulai lemas dan kemudian kondisi bear berangsur-angsur memburuk. Menjadi sangat buruk sampai saat dia tidak bisa menggerakan kaki belakangnya, kami membawanya ke dokter hewan.”

Richard awalnya membawa Bear ke dokter langganannya, Vets4Pets, di mana sinar-X tidak menemukan indikasi patah tulang tetapi mencurigai adanya obstruksi.

Menyadari bahwa dia membutuhkan penanganan khusus, dia dirujuk ke tim di Abington Park.

“Begitu Bear masuk dan saya melakukan pemindaian ultrasound, saya bisa melihat benda asing itu, ” kata dokter hewan Riccardo Minelli.

“Meski kakinya bengkak parah,saya masih mengira benda itu adalah biji rumput bukan tusukan kebab.”

“Tidak ada luka atau hal buruk apa pun, jadi sulit membayangkan bagaimana benda tersebut bisa masuk,” tambahnya.

Pecitraan menunjukkan bahwa benda itu sangat dekat dengan pembuluh perut besar dan arteri femorali, yang mana harus dilakukannya operasi sesuai prosedur, jika dikeluarkan dengan cara lain, bisa jadi akan terjadi resiko pendarahan.

Dr Jamie McClement memimpin tim yang melakukan operasi rumit untuk mengeluarkan tusukan kebab tersebut.

“Kami tidak pernah menyangka tusukan kebablah yang menjadi alasan dia pincang,” kata Richard.

“Sungguh mengejutkan ketika kami diberi tahu apa yang menjadi penyebabnya dan kami hanya bersyukur bahwa bebda itu tidak melukai organ vital dan melewati usus tanpa menyebabkan luka serius.”

“Kami tahu itu bisa berakibat fatal dan kami sangat beruntung. Kami bisa menjadi lebih berhati-hati dan bahkan menaruh penjaga anjing di pintu dapur sekarang untuk memastikan hal itu tidak akan terjadi lagi,” tambahnya.

Dengan kejadian mengejutkan karena barbekyu pasca lockdown sekarang ini, My Family Vets – jaringan klinik dokter hewan nasional di seluruh Inggris – mengimbau pemilik untuk lebih berhati-hati dan mencari bantuan sesegera mungkin jika melihat peliharaan anda menelan sesuatu yang tidak seharusnya ditelan.

Riccardo Minelli memperingatkan bahwa ini adalah bahaya yang sangat nyata bagi pemilik hewan peliharaan mengingat betapa mereka ingin menikmati waktu diluar setelah pembatasan lockdown yang disebabkan oleh covid-19.

“Dengan lebih banyak orang di rumah saat ini dan kemungkinan akan mengadakan barbekyu, pasti ada peningkatan risiko. Kami meminta orang-orang untuk sangat waspada jika mereka memiliki anjing di sekitar dan segera menghubungi dokter hewan mereka jika mereka mendapati hewan peliharaan mereka menelan benda semacam ini,” katanya.

“Semakin cepat mereka memberikan hewan itu kepada kami, semakin baik karena kami biasanya dapat mengambilnya tanpa operasi.(lidya/yn)

Sumber: dailymail

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular