Erabaru.net- Pemerintah menetapkan awal Ramadhan jatuh pada Selasa 13 April 2021. Keputusan ini berdasarkan Sidang Isbat Awal Ramadan 1442H, di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama Jln. MH Thamrin, Jakarta.

“1 Ramadhan 1442 Hijriah jatuh pada 13 April 2021, malam ini sudah Tarawih,  kita sudah bisa makan sahur, saya pribadi mengucapkan selamat menjalanakan ibadah puasa, mari kita laksanakan dengan khusuk,” ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangan pers online. 

Ia mengatakan, keputusan penetapan awal Ramadhan pada tahun ini  tanpa ada dissenting opinion. Sedangkan laporan yang disampaikan di bawah sumpah menyatakan sudah menyaksikan hilal.

Oleh karean itu, kata Menag, atas pelaporan hasil rukyat hilal dan memperhatikan perhitungan hisab (astronomis) maka ditetapkanlah awal Ramadhan yang mana seluruh peserta sidang itsbat sepakat secara mufakat tanpa ada perbedaan.

“Di sidang istbat tadi kami mendapatkan sudah ada laporan yang dibawah sumpah menyaksikan hilal sudah dilihat, sehingga tanpa ada dissenting opinion,” tambahnya.

Turut hadir pada pertemuan itu, perwakilan Duta Besar  negara sahabat, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Abdullah Zaidi, Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto, Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi, Sekjen Kemenag Nizar, dan Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin.

Selain itu, Sidang Itsbat awal Ramadhan 2021 juga diikuti sejumlah perwakilan organisasi masyarakat secara online. (asr)

Share

Video Popular