Erabaru.net. Sukses bukanlah sesuatu yang didapat tanpa usaha, di balik setiap pencapaian sukses ada air mata dan keringat. Di balik setiap kesuksesan dalam hidup adalah kesedihan kita yang tidak diketahui. Kesuksesan menuntut kita untuk memikirkannya, tetapi hal yang sama juga menuntut kita untuk bertindak.

Di Desa Donghou, Fenglingdu, Kabupaten Ruicheng, Provinsi Shanxi, Tiongkok, Seorang petani telah mengaku menghasilkan banyak uang dalam beberapa tahun terakhir tanpa mengeluarkan modal, itu dia dapat dari tanaman liar.

Pernyataan ini tidak hanya mengejutkan, tetapi tanaman liar jenis apa yang dapat menghasilkan banyak uang?

Pria paruh baya tersebut bernama Yao Anqin. Dia berusia 49 tahun tahun ini. Dia memperkenalkan bahwa tanaman liar ini bernama wisteria.

Dia mulai berteman dengan wisteria lima tahun yang lalu. Dia dulu untuk punya hobi dengan bunga dan tanaman. Saat ngobrol, di kelompok penggermar tanaman di internet, dia menemukan beberapa netizen mencari bibit wisteria. Katanya harganya sangat tinggi.

Dia kemudian mengumpulkan banyak wisteria di jurang dan tebing di Pegunungan Zhongtiao. Menjualnya seharga 40 yuan perkilo, dan kemudian terus menaikkan harganya menjadi 60 yuan, 100 yuan.

Yao Anqin menuturkan banyak sekali wisteria liar di pegunungan, asal bekerja dengan keras, panenannya tidak sedikit.

Bijinya umumnya matang pada bulan November. Selama waktu itu, dia pergi ke pegunungan dan memetik biji wisteria setiap hari. Tidak ada masalah dengan mengumpulkan 20 atau 30 kilogram.

Terkadang, jika Anda cukup beruntung dan menemukan pohon wisteria berumur seratus tahun, Anda dapat memanen 50 kilogram dan menghasilkan lebih dari 50.000 yuan (sekitar Rp 111 juta) dalam sebulan.

Yao Anqin adalah orang yang pandai dan berpikiran sangat ekonomis. Hanya perlu tenaga fisik dan waktu untuk mendaki gunung untuk mengumpulkan biji wisteria liar.

Walaupun dia bisa mendapatkan 50.000 sampai 60.000 yuan ( sekitar Rp 111 juta – Rp 133 juta) hanya dengan satu bulan, itu hanya musiman.

Demi mengembangkan bisnis wisteria, dia mulai berkonsultasi dengan netizen untuk mempelajari teknik menanam wisteria.

Bibit wisteria bersifat liar, dengan derajat keliaran tertentu. Cangkang bijinya keras dan memiliki pelindung diri, itu yang menyebabkan tanaman tersebut sangat sulit untuk berkecambah.

Dia membangun rumah kaca kecil di rumahnya dan bereksperimen berulang kali, dan akhirnya berhasil. Sambil menjual bijinya, dia memperbanyak dan menjual bibitnya. Dalam dua tahun, dia berkembang biak lebih dari 50.000 tanaman di lahan seluas 3 hektar.

Wisteria mekar dengan sangat indah. Ini adalah pohon lanskap yang bagus untuk penghijauan perkotaan dan pembangunan taman.

Selama ini, pelanggan sering datang untuk membeli bibit. Dia memperbanyak bibit di tanah untuk diekspor. Bibit wisteria berumur dua tahun ini tumbuh setinggi lebih dari 1 meter.

Yao Anqin adalah orang yang peduli. Saat mengembangkan bibit wisteria, dia tidak tergantung pada varietas liar lokal. Dia membeli batang wisteria Jepang dari tempat lain untuk dicangkok, dan varietasnya berkualitas tinggi dan beragam.

Beberapa cocok untuk ditanam di kebun dan ditanaman dalam pot ada 4 varietas, semuanya dijual seharga 3 yuan per tanaman. Jika dijual sekarang, mereka bisa mendapatkan 150.000 yuan (sekitar Rp 334 juta).

Yao Anqin adalah orang yang sangat ulet di pedesaan setempat. Tidak hanya dapat menanggung kesulitan, dia juga sangat ekonomis. Dia berkata bahwa dia dulu menanam tauge di rumah dan menjadikan bisnisnya yang pertama di kabupaten.

Yao Anqin mengatakan bahwa jika Anda melakukan pekerjaan, Anda harus mencintai bisnis sendiri. Sejak Anda memulai bisnis wisteria, Anda harus membuatnya lebih besar dan lebih baik.

Sambil memetik biji dan memperbanyak bibit, dia juga mengambil pohon wisteria tua di pegunungan. Seperti terlihat pada gambar, pohon wisteria tua dengan diameter lebih dari 30 cm berusia kurang dari seratus tahun.

Tahun lalu, seorang pelanggan di Henan menawar 50.000 yuan (sekitar Rp 111 juta) Ia bahkan tidak menjualnya, Ia mengira bahwa mengacu pada harga transaksi online, nilai wisteria tua ini setidaknya 100.000 yuan (sekitar Rp 223 juta).

Yao Anqin mengatakan, saat ini masyarakat berkembang sangat pesat, pembangunan pertamanan perkotaan memiliki permintaan yang besar untuk bibit lanskap.

Bibit dengan keindahan artistik seperti wisteria sangat populer. Prospek pasarnya bagus, masa berbunga panjang, mudah penanaman, dan sangat vitalitas.

Musim mekarnya wisteria merupakan pemandangan yang indah di daerah pegunungan setempat. Tidak hanya indah warnanya, tapi juga bisa dimakan.
Petani lokal sering memetik bunganya untuk dijadikan sayuran kukus. Yao Anqin mengatakan, kedepannya akan ada lebih banyak lagi pohon wisteria dan mereka dapat menjual bunga wisteria sebagai kelezatan.

Di meja untuk lebih banyak orang, dia sudah mulai menghubungi supermarket dan hotel di kota tahun ini untuk memulai bisnis baru ini. Ini akan menjadi kesempatan bagus lainnya bagi wisteria untuk menghasilkan uang.

Seorang petani gunung membuat bisnis besar wisteria, yang tidak dipedulikan oleh siapa pun di alam liar, dan menjadi cara yang baik untuk menjadi kaya.

Dia mengandalkan pikiran cerdas dan karakter seorang petani yang rajin. (yn)

Sumber: funnews61

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular