Erabaru.net. Bunga bakung Paskah (Easter lily) adalah bunga yang besar, putih, berbentuk terompet dan memiliki wangi yang memabukkan. Bunga ini juga sering digunakan untuk perayaan musim semi dan Paskah. Tetapi hanya dengan menggigit tanaman atau mengendus serbuk sari dari tanaman tersebut bisa berakibat fatal bagi kucing.

Kucing pada dasarnya ingin tahu dan akan menyelidiki sesuatu yang baru di rumah, terutama jika benda tersebut mudah pecah atau berbahaya. Mungkin itulah sebabnya kucing sering dikatakan memiliki sembilan nyawa.

Pemilik kucing biasanya selalu melakukan yang terbaik untuk menjaga keamanan kucing kesayangan mereka, tetapi ini adalah pekerjaan penuh waktu.
Kucing bisa melompat, memanjat, dan meloncat ke permukaan apa pun – jadi tidak ada tidak dapat dijangkau oleh kucing.

Salah satu cara untuk memastikan kucing kesayangan Anda tetap bahagia dan sehat adalah dengan menghindari mereka dari bunga bakung Paskah.

Semua bagian tanaman – daun, batang, bunga, dan serbuk sari – sangat beracun bagi kucing.

Seekor kucing yang membersihkan dirinya sendiri dengan tanaman lily dapat menelan cukup banyak serbuk sari yang dapat menyebabkan gagal ginjal yang akut. Bahkan meminum air dari vas bunga tersebut juga bisa berakibat fatal.

“Banyak tumbuhan dari spesies Lilium dan Hemerocallis sangat beracun. Tanaman ini menyebabkan gagal ginjal akut yang parah, ” Pet Poison Helpline memperingatkan. “Kerusakan ginjal (khususnya, nekrosis tubular ginjal) terjadi dalam 24-72 jam setelah konsumsi.”

Tanda-tanda kucing Anda keracunan bunga bakung:

  • Muntah
  • Kehilangan selera makan
  • Kelesuan
  • Mengeluarkan air liur
  • Dehidrasi

Jika kucing Anda terpapar bunga lili ini dan menunjukkan gejala-gejala di atas, segera hubungi dokter hewan!

Gejala bisa mulai sedini 0 hingga 12 jam setelah terpapar. Jika tidak diobati, gagal ginjal akut dapat berkembang dan bisa berakibat fatal.

Meskipun tidak ada penawar untuk keracunan bunga lili, dokter hewan akan memberikan cairan IV, membuat kucing memuntahkan racun, memantau fungsi ginjal, dan memberikan perawatan suportif.

Racun mematikan tersebut belum teridentifikasi, tetapi tampaknya hanya berdampak pada kucing. Anjing mungkin mengalami sakit perut jika mengonsumsi sebagian dari bunga lili tetapi tidak mengalami gagal ginjal.

Pastikan untuk memeriksa ulang apakah tanaman yang Anda bawa ke rumah adalah tanaman yang aman untuk hewan peliharaan Anda.

Untuk berjaga-jaga, hindari menanam bunga lili dan tanaman beracun lainnya di taman Anda di mana hewan peliharaan mungkin masih bersentuhan dengan mereka. (lidya/yn)

Sumber: familypet

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular