Erabaru.net. Des, Elang ekor baji yang suka makan di meja makan, sekali berhasil selamat setelah memakan kodok tebu, dan suka memamerkan penerbangannya yang luar biasa kepada penontonnya yang terus bertambah di akun Instagram miliknya sendiri.

Predator berusia 20 tahun itu adalah ‘burung manusia’, kata pawangnya Mark Culleton, yang menampilkan pertunjukan Des in the Birds of Prey di O’Reillys Rainforest Resort di pedalaman Gold Coast, Australia.

“Aku punya sepasang elang yang tidak suka bepergian,” kata Culleton. “Tapi Des suka bepergian, dia menyukai manusia dan suka berada di dalam rumah. Dia selalu ingin diperhatikan. Dia selalu menjadi dengan standar pemeliharaan yang tinggi.”

Penutupan sementara acara di O’Reillys karena COVID-19 adalah alasan Des untuk memulai akun Instagram, di mana Culleton memposting klip luar biasa tentang kehebatan burung itu dalam terbang, menukik, dan mendarat. Elang berekor baji adalah burung pemangsa terbesar di Australia.

“Dengan waktu luang saya memutuskan untuk mulai melakukan beberapa hal berbeda dengan Des dan reaksinya telah memberi saya motivasi untuk terus melakukannya,” katanya.

Des diberikan kepada Culleton saat masih bayi di taman Desert dekat Alice Springs. Dia yakin dia telah disita dari komunitas adat setempat.

Selera makan elang ekor baji itu telah berkembang, dengan dia yang kini menikmati makanannya di meja makan seperti manusia.

“Jika ada apel atau sepotong pizza di tanah, dia tidak akan menghiraukannya,” kata Culleton. “Tapi jika itu ada di bangku atau meja, dia akan belajar melihatnya sebagai sesuatu yang dapat dimakan dan akan memakannya.”

“Dia pernah memakan kodok tebu dan kami membawanya ke dokter hewan darurat. Mereka mengira dia sudah mati pada saat kedatangan tetapi akhirnya dia memuntahkannya dan pulih,” tambahnya.

Kualitas postingan Instagram Des tergantung pada cuaca, lokasi, dan adanya kehadiran elang liar, kata Culleton.

“Kadang-kadang saya senang dengan lokasi tertentu. Namun saat kami sampai di sana dan angin tidak seperti yang kami harapkan, atau elang liar terbang di sekitar … mereka tidak ingin wilayah mereka dipakai dan biasanya mereka hanya akan mendorong Des ke tanah,’ ujarnya. (lidya/yn)

Sumber: dailymail

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular