Erabaru.net. Pejabat Sungai Jinghe di Kabupaten Jingyuan, Tiongkok, menemukan seekor makhluk aneh menggeliat di sepanjang sungai pada tanggal 19 April.

Dia mengira itu adalah ikan mas rumput, tetapi dia tidak berharap untuk melihat lebih dekat dan ternyata ikan itu tidak hanya berukuran besar tapi juga memiliki 4 kaki.

Dia takut dan memanggil polisi. Polisi setempat bergegas ke tempat kejadian segera setelah menerima laporan tersebut dan melakukan penjagaan.

Menurut laporan, setelah diidentifikasi oleh para ahli satwa liar, ditemukan bahwa itu adalah salamander raksasa liar, umumnya dikenal sebagai “ikan bayi “, termasuk hewan yang dilindungi.

Diperkirakan usianya di atas 50 tahun, panjang tubuh 135 cm dan berat lebih dari 20 kg, tubuh sebesar itu benar-benar langka.

Diketahui bahwa salamander raksasa Tiongkok adalah amfibi yang hidup di air tawar. Dia mengeluarkan suara seperti bayi menangis. Sehingga orang-orang menyebutnya sebagai “ikan bayi”.

Ini adalah hewan liar berharga yang merupakan hewan air tawar khas Tiongkok. Itu telah bertahan hidup di era yang sama dengan dinosaurus 300 juta tahun yang lalu dan berlanjut hingga hari ini. Ini disebut “fosil hidup”.

Karena salamander raksasa liar sudah berumur panjang, dagingnya dianggap memiliki efek penyembuhan yang ajaib, sehingga harganya mahal, dan sering ditangkap untuk dikonsumsi atau ditonton oleh peminat.

Lingkungan hidup mereka hancur dan hampir terancam punah. Mereka saat ini masuk dalam Daftar Merah Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam IUCN) yang dinilai sebagai spesies yang terancam punah. (yn)

Sumber: chinatimes

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular