Erabaru.net. Perenang Jepang Rikako Ikee lolos ke Olimpiade Musim Panas 2021 setelah 2 tahun yang lalu dia didiagnosis menderita leukemia.

Ikee akan berlaga dalam estafet 4×100 gaya tanti setelah memenangkan kompetisi gaya kupu-kupu 100 meter putri di kejuaraan nasional Jepang.

Dia terlihat diliputi air mata bahagia setelah pertandingannya selesai , ESPN melaporkan.

“Saya tidak menyangka akan memenangi kompetisi ini sama sekali dan saya merasa jauh kurang percaya diri dibandingkan saat kualifikasi Olimpiade lima tahun lalu,” katanya.

“Saya pikir saya tidak akan bisa menang untuk waktu yang lama. Tapi saya tetap berlatih keras untuk menang. Dan, pada akhirnya, saya datang ke perlombaan dengan mengatakan pada diri saya sendiri bahwa saya sudah kembali. Jadi saya merasakannya, walau harus melalui penderitaan dan rasa sakit, kerja kerasmu akan selalu terbayar. “

Pada Februari 2019, Ikee, yang berkompetisi di Olimpiade Musim Panas 2016 pada usia 16 tahun, membuat seluruh anggota komunitas renang internasional sangat terkejut ketika dia mengumumkan bahwa dia akan memulai perawatan untuk leukemia.

Setelah kemoterapi dan transplantasi sel induk, Ikee kembali ke kolam renang pada Maret 2020. Tetapi dia berkecil hati dengan penurunan kebugaran fisiknya.

“Saya pikir kemampuan renang saya telah menurun ke level di tahun pertama atau kedua saya di sekolah menengah pertama,” katanya kepada Kyodo News musim panas lalu.

Terlepas dari kekhawatiran awalnya, Ikee dengan cepat mendapatkan kembali massa ototnya dan kembali mengikuti kompetisi pada Agustus 2020.

Tujuan awalnya untuk mempersiapkan Olimpiade 2024 di Paris. Dia meremehkan peluangnya untuk Olimpiade negaranya sendiri yang ternyata dia dapatkan.

“Pada akhirnya, saat saya pergi ke kompetisi, saya berbicara dalam hati ‘Saya sudah di rumah dan ini ditakdirkan untuk saya’,” kata Ikee kepada Olympic Channel. (lidya/yn)

Sumber: sunnyskyz

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular