Erabaru.net. Ini adalah momen nyata saat seekor kucing tabby meniru pemiliknya yang sedang menyisir rambut dengan mulai ‘menyisir’ rambutnya sendiri dengan cakarnya.

Dalam video Scout, kucing yang diadopsi dari tempat penampungan saat masih kecil, terlihat menatap tajam ke arah pemiliknya Susan yang sedang menyisir rambutnya di rumahnya di Portland, Oregon, AS, pada 5 April lalu.

Kucing menggemaskan itu kemudian mengangkat cakarnya sendiri ke kepalanya dan menirukan gerakan tersebut.

Dalam klip yang dibagikan ke akun TikTok Susan, pemiliknya bertanya: “Apakah Anda memiliki kucing yang meniru Anda?”

Dalam klip itu juga, Scout terlihat sedang jongkok di meja rias kamar mandi dengan kedua kakinya seolah-olah dia adalah manusia dan mempelajari gerakan Susan sebelum akhirnya mencoba menirunya

Kucing itu dengan hati-hati menggerakkan cakarnya ke telinganya dengan gerakan ke bawah seolah-olah sedang menyisir rambut.

Pengguna media sosial terpesona oleh kucing yang meniru gerakan pemiliknya tersebut dan mengatakan bahwa mungkin itu adalah cara si kucing agar dapat merasa lebih dekat dengan pemiliknya.

Seorang netizen berkomentar: “OMG Jika saya punya kucing yang bisa melakukan ini, saya tidak akan pernah menyelesaikan pekerjaan rumah apa pun dan tidak akan pernah meninggalkan rumah saya.”

Di mana Susan menjawab: “saya memang tidak pernah menyelesaikan pekerjaan rumah apa pun dan tidak pernah meninggalkan rumah saya.”

Pengguna media sosial lain juga berkomentar: “Ini disebut pencerminan hewan peliharaan, mereka meniru tindakan Anda ketika mereka ingin merasa lebih dekat dengan Anda.”

Sangat sedikit hewan yang mampu melakukan trik di mana mereka belajar meniru tindakan yang dilakukan oleh manusia.

Namun, selain kucing dan anjing, para ilmuwan juga mengamati mimikri pada kera, lumba-lumba, dan paus pembunuh yang dapat melakukan tiruan gerakan seperti ini.

Pertama kali perilaku meniru seperti ini secara resmi diamati pada kucing dan ditulis dalam literatur ilmiah pada Oktober 2020 ketika para peneliti di Universitas Eötvös Loránd di Hongaria malukan pengamatan pada Ebisu, seekor kucing yang berusia 11 tahun.

Kucing tersebut telah dilatih untuk dapat meniru gerakan dengan metode ‘lakukan seperti yang saya lakukan’ dan diberi hadiah makanan setelah berhasil melakukannya.

Dalam kasus Scout, kucing tersebut tampaknya meniru tindakan pemiliknya secara spontan tanpa diberi hadiah makanan. (lidya/yn)

Sumber: dailymail

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: Uncategorized

Video Popular