oleh Li Yun

Hujan salju lebat tiba-tiba turun di banyak tempat di Provinsi Hebei dan Beijing pada (30/4/2021) malam harinya, angin kencang menyapu Kota Nantong di Provinsi Jiangsu. Pohon tumbang, papan reklame ambruk, kendaraan bermotor terbalik atau terlempar jauh. Kecepatan angin mencapai skala 14 Beaufort. Hujan es menyusul setelah angin kencang lewat.

Beberapa media daratan Tiongkok melaporkan, akibat pengaruh dari Pusaran Udara Dingin Timur Laut sejumlah tempat di Provinsi Jiangsu seperti Lianyungang, Yancheng, Huai’an, Yangzhou, Taizhou, Nantong, Zhenjiang, dan Changzhou terkena hembusan angin kencang hingga 8 skala Beaufort.

Dalam rekaman video menunjukkan bahwa angin kencang tiba-tiba menyapu Kota Nantong pada malam 30 April, hingga menerbangkan pasir dan batu, serta merobohkan segala benda di jalanan. Kendaraan yang berjalan terpaksa berhenti di tepi jalan dan menyalakan lampu hazard.

Dalam video tersebut, sebuah papan reklame besar roboh tertiup angin dan menimpa seorang pria yang sedang mengendarai sepeda di jalan. Ranting-ranting pohon besar patah dan jatuh hingga menutupi badan jalan.

Video lain menunjukkan bahwa fasilitas hiburan anak-anak di depan Alun-Alun Wuyue di Kota Nantong sampai terbalik karena tiupan angin kencang. 

Banyak orang tua mencari anak-anak mereka di antara fasilitas mainan yang berserakan, dan kabel listrik bertegangan tinggi berayun-ayun dan penyangganya ada yang patah tertiup angin kencang.

Angin kencang meniup terbang sejumlah papan reklame dan menghantam mobil-mobil di jalan. Mobil pun terbalik kena tiupan angin, dan banyak atap rumah beterbangan dan jatuh ke jalanan. Setelah angin kencang lewat, giliran butiran es yang turun menyerang.

Salju turun cukup lebat di Beijing. (video screenshot)

 

Kecuali Jiangsu, hujan salju lebat juga tiba-tiba turun di Beijing dan Hebei pada siang hari.

Menurut berita siaran darurat radio nasional Tiongkok, bahwa sesuai prediksi Lembaga Observatorium Meteorologi Beijing hujan ringan turun di daerah tersebut pada 30 April, tetapi ternyata yang turun bukan air hujan, melainkan butiran salju putih. Di Desa Dongcun, Beijing juga terjadi hujan salju sehingga seluruh puncak gunung menunjukkan pemandangan salju.

Hujan salju turun di Beijing. (video screenshot)

Menurut laporan, suhu di banyak bagian Beijing di bagian utara daratan Tiongkok hanya sekitar 10-12 derajat Celcius pada hari itu, sedangkan suhu di Zhangjiakou, Hebei, di mana ketinggiannya lebih tinggi, turun menjadi sekitar 0 derajat Celcius. 

Pada 5 Mei dalam penanggalan Tiongkok adalah Lixia atau hari pertama memasuki musim panas. Dari rekaman video dapat terlihat bahwa Huatai di Dongcun, Beijing sama sekali tidak menunjukkan tanda-tanda akan segera memasuki musim panas.

Salju juga mulai turun di distrik Mentougou, Changping, dan Yanqing di Beijing, dan salju mulai menumpuk di puncak pohon dan bahkan atap, kap mobil. 

Di hari yang sama, beberapa netizen di Zhangjiakou, Hebei mengunggah foto yang mereka ambil di jalanan di mana terlihat mobil-mobil yang diparkir di jalan tertutup salju seluruhnya.

Netizen meninggalkan pesan di Weibo : “Bukankah akan memasuki musim panas ? Mengapa  salju di  April masih saja turun?”  (sin)

Video Rekomendasi :

Share

Video Popular