Erabaru.net. Anjing ini pantas disebut sebagai pahlawan dari gadis kecil Sadie, dia hanya memiliki satu tugas setiap harinya yaitu membaca kondisi tubuh Sadie. Pada hari itu, anjing tersebut berada di rumah, Sadie di sekolah, dan kemampuan telepatinya telah menyelamatkan nyawa gadis kecil itu.

Sadie tinggal bersama orangtuanya di Utah, AS, tetapi dia bukanlah seorang gadis sehat pada umumnya.

Ketika Sadie masih dalam perut ibunya, orangtuanya tahu bahwa bayinya akan menderita sindrom down. Namun, orangtuanya tidak membencinya untuk ini, tetapi menganggapnya sebagai hadiah terindah dari Tuhan, memungkinkannya untuk berkembang dengan lancar.

Karena gangguan kesehatannya, Sadie harus mengunjungi dokter sejak kecil, dan dia tidak dapat mempelajari banyak keterampilan secepat anak-anak biasa. Tetapi semua ini tidak memengaruhi cinta dan perhatian orangtuanya.

Ketika Sadie baru berusia 3 bulan, pemeriksaan rutin menunjukkan bahwa dia mengidap diabetes tipe 1. Diabetes tipe 1 disebut juga diabetes remaja atau diabetes insulin. Penderita diabetes tipe ini perlu menyuntikkan insulin setiap hari untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuhnya tetap normal. Saat kadar gula darah terlalu tinggi atau terlalu rendah, itu dapat membahayakan nyawa pasien.

Untuk selalu mengetahui apakah kadar gula darah Sadie berada di angka normal atau tidak, orangtuanya membawa pahlawan, seekor anjing Labrador -Hero.

Hero adalah anjing terlatih yang dapat menilai kadar gula darah Sadie dengan akurat melalui bau tubuh Sadie. Ketika kadar gula darahnya lebih tinggi dari 200 atau lebih rendah dari 100, ia akan mengingatkan ibu dan ayah untuk memberikan obat kepada gadis kecil itu.

Ibunya, Michelle Brooks menjelaskan ketika gula darah Sadie tidak normal, Hero akan memberitahunya.

“Pada saat itu, dia akan mengulurkan cakarnya untuk mengetahui keadaanya. Jika gula darah terlalu tinggi, cakarnya akan menyentuh tangan kiri saya namun jika gula darah terlalu rendah, hidungnya akan menyentuh tangan kanan saya,” ujarnya.

Sejak ada Hero, ibu dan ayah Sadie hampir tidak lagi khawatir akan gula darah Sadie akan lepas kendali, karena selama Heri ada di dekat Sadie, dia akan selalu mengecek kadar gula darah Sadie.

Suatu hari di bulan Desember 2015, Sadie pergi ke Sekolah Dasar Deerfield untuk menerima kursus khusus, yang jaraknya sekitar 8 kilometer dari rumahnya di Cedar Hills. Hero bersama ibunya di rumah dan menunggu gadis kecilnya itu.

Tiba-tiba, Hero mulai merengek, yang mana adalah sesuatu yang sangat tidak biasa di mata sang ibu, karena Hero adalah anjing yang sangat pendiam, tidak pernah mengeluarkan suara dan hanya bermain sendiri.

Ibu lalu menghampiri Hero untuk mengetahui apa yang terjadi dengannya, tapi di luar dugaan dia menggaruk tangan kiri ibunya dengan cakarnya, yang menandakan bahwa gula darah Sadie terlalu rendah. Tapi Sadie tidak ada di rumah, tapi 8 km jauhnya!

Untuk berjaga-jaga, Michelle lalu menelepon ke sekolah.

“Ibu Sadie menelepon saya dan menanyakan gula darah Sadie. Saya bilang semuanya normal,” kata guru Guru Sadie, dia mengecek gula darah Sadie sebelum ibunya menelpon.

Namun dalam setengah jam, gula darah Sadie berubah dari 122 menjadi 82, yang mana akan menjadi sangat berbahaya bagi Sadie.

Telepon dari ibunya mendorong guru itu untuk memeriksa kembali kadar gula darah Sadie dan memberikan obatnya tepat pada waktunya, sehingga kadar gula darah gadis kecil itu kembali normal dan bencana dapat dihindari.

Jika gula darah terlalu rendah, Sadie akan pingsan, dan jika gula darahnya terlalu rendah untuk waktu yang lama, dia mungkin akan mati.

Saat ibu itu mengingat hal tersebut, hatinya penuh dengan rasa syukur untuk pahlawanya Hero

“Sejujurnya, hal ini mengubah pikiran saya,” kata Kepala sekolah, Caroline Knadler, juga seorang pasien diabetes tipe 1.

Dia tidak percaya bahwa Hero memiliki kemampuan seperti itu. “Bagaimana baunya? Itu membuatku terus berpikir. Bagaimana anjing tersebut bisa memberi peringatan ?” ujarnya.

Pelatih Hero, KC Owens, juga bingung dengan situasi ini. Dia mengatakan bahwa Labrador memiliki indra penciuman yang sangat sensitif dan dapat mencium bau sejauh 3,6 km, tetapi kali ini Hero dan Sadie berjarak 8 km !

“Saya tidak bisa menjelaskan. Ini keajaiban. Saya pikir itu seperti intuisi seorang ibu. Anjing-anjing ini memiliki beberapa kemampuan dan perasaan di luar pengetahuan kita,” kata Owens.

Perlu diketahui bahwa jenis anjing yang terlatih dengan baik ini biasanya dapat mencium kadar gula darah pemiliknya setengah jam sebelum terdeteksi oleh tes pemeriksaan gula darah.(lidya/yn)

Sumber: epochtimes

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular