Erabaru.net. Colleen, 50 tahun, selalu menjelajahi kota dengan tampilan baru. Rasa ingin tahu dalam darahnya membawanya mengunjungi lebih dari 40 negara.

Tidak seperti backpacker biasa, dia mendalami kehidupan penduduk setempat dan berteman dengan mereka. “Arti bepergian bagiku adalah membiarkan diriku pergi dan mencari lebih banyak kemungkinan,” katanya.

Ketika dia masih muda, impiannya adalah untuk melakukan perjalanan keliling dunia. Dia melakukan yang terbaik untuk bepergian ke luar negeri setidaknya 3 kali setahun, dan salah satunya pasti perjalanan solo.

“Saya benar-benar seorang musafir yang miskin. Saya pergi ke luar negeri selama lebih dari 20 hari. Tidak peduli ke negara mana saya pergi, anggaran saya hanya 80.000 hingga 100.000 yuan (sekitar Rp 178 Juta-Rp 223 juta,” katanya.

Bekerja di HP, sebuah perusahaan asing, bukan karena dia tidak mampu membayar biaya perjalanan yang tinggi.

Dalam perjalanan pertamanya ke Eropa, dia mengunjungi 11 negara, di antaranya Perancis, Inggris, Jerman, Swiss, Belgia, Luksemburg, Italia,Islandia, Portugal, Spanyol, Yunani.

Saat masih kuliah, Colleen dan keluarganya pergi ke Amerika Serikat dengan kelompok. Dia tidak bisa tinggal di tempat yang dia sukai untuk waktu yang lama, dan dia tinggal di tempat yang tidak ingin dia kunjungi untuk waktu yang lama. Dia lantas mulai bepergian sendiri.

Untuk menghemat biaya perjalanan, dia sering numpang tidur di rumah teman atau saudaranya. “Ketika spupu saya bekerja di Hong Kong dan tinggal di ruang tamunya selama satu setengah bulan. Pada tahun 2006, saya pergi ke New York dan tinggal di ruang tamu rumah teman sekelas saya selama satu bulan,” katanya.

Perjalanannya sering dimulai dengan foto atau kartu pos yang indah.

Pada tahun 2007, ia melihat pemandangan Teras Sawah Banaue di Philipina di Discovery.

Setelah mencari semua informasi perjalanan, dia tidak dapat menemukan cara untuk pergi. Jadi dia tanpa malu-malu menulis kepada rekan-rekannya di Manila, menanyakan bagaimana caranya pergi.

Setelah beberapa kali kesasar, akhirnya dia naik bus dari Manila dan tiba di Banaue. Di desa pedesaan, tidak ada angkutan umum. Pemilik penginapan mencoba untuk menemukan cara bagi dia untuk mendapatkan mobil dan pergi melihatnya. Dia berkeliling desa, dan merasakan daerah setempat secara mendalam.

Saat mendekati usia 30 tahun, kehidupannya berada di titik terendah, dia baru saja melihat foto pemandangan salju di Desa Gassho dan dia ingin menyembuhkan dirinya sendiri dengan jalan-jalan. Ketika seorang teman melihatnya dalam suasana hati yang buruk, dia menemaninya ke gunung dan naik bus lokal.

Perjalanan ke Nepal pada usia 40 tahun memberinya sentuhan yang dalam.

Dia tidak pernah berpikir untuk mendaki, tetapi wisatawan mengatakan bahwa pemandangan gunung Nepal itu indah. Dia tidak suka berjalan kaki, jadi dia memutuskan untuk mengatur trekking gunung selama 11 hari ketika dia tiba di sana.

“Ini adalah jalan yang tidak bisa. dibalik. Gunung beralih ke gunung lain. Saya berjalan dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore setiap hari. Pertama kali saya tahu bahwa saya tidak tahu cara berjalan, saya dipaksa untuk bergaul dengan diri saya sendiri ,” katanya.

Dia tidak menyesal berjalan di jalur gunung ini. “Ini adalah tempat paling istimewa untuk dilalui. Jika saya mengetahuinya, saya tidak akan melakukannya. Karena saya tidak tahu, saya akan melakukan sesuatu yang tidak saya sukai. Ini sama dengan hidup, jika ada Anticipation, saya akan takut, jadi saya tidak berani melakukannya, ” ujarnya.

Colleen akan selalu membawa kamera untuk bepergian, dan setelah memotret penduduk setempat, dia akan mencucinya dan mengirimkannya kepada mereka.

Sejauh ini, dia masih berhubungan dengan sebuah keluarga di Sri Lanka.

“Mereka telah mengirimi saya tas kosmetik tenunan tangan yang lucu. Saya akan mengirim kartu Natal dan coklat. Ini adalah persahabatan yang sangat istimewa,” ujarnya.

Ketika mengunjungi negara-negara terbelakang, dia selalu bertemu dengan anak-anak yang menjual kerajinan tangan, dia tidak akan langsung membelinya. Dia akan bertanya kepada mereka mengapa mereka ingin menjual barang-barang ini dan berbicara dengan mereka. Ketika dia mengerti, anak-anak ini untuk biaya sekolah. Baru setelahnya itu akan membelinya.

“Taiwan sangat kaya. Betapapun miskinnya anak-anak di Taipei, tidak mungkin mengalami kekurangan sumber daya. Apa yang saya lihat selama perjalanan berdampak besar pada hidup saya. Saya ingin menghargai hal-hal yang saya ambil. diberikan. Bagi mereka, ini tidak diterima begitu saja,” ujarnya

Dia menghabiskan 5 hari di hutan belantara, dan pernah tidur di tempat tidur yang kotor dan rusak. Ketika dia kembali, dia berpikir,: “Apa yang ingin kamu miliki dalam hidup?”

Perjalanan telah benar-benar mengubah Colleen. Dia akan terus bepergian dan mengeksplorasi makna hidup. (yn)