NTDTV.com

Sekitar 155,21 juta orang di seluruh dunia telah terinfeksi virus Komunis Tiongkok tidak termasuk Tiongkok Daratan. Lebih dari 3,24 juta orang telah meninggal. India menambahkan 412.000 kasus dalam satu hari dan hampir 4.000 orang meninggal. Wabah telah menyebar ke daerah pedesaan. 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat mengatakan bahwa ada jalan keluar untuk memerangi epidemi. Presiden Amerika Serikat, Joe Biden mendukung pengabaian paten vaksin.

India menambahkan 412.262 kasus yang dikonfirmasi pada Kamis (6/5/2021) dan 3.980 orang meninggal, memecahkan rekor baru.

Gelombang kedua epidemi menyebabkan runtuhnya sistem kesehatan, dan virus mutan dengan cepat menyebar dari kota ke daerah pedesaan.

Sandeep Nayar, Direktur Center for Thoracic Respiratory Diseases menilai bahwa virus jenis baru ini memang sangat mematikan dan lebih menular. Ia dapat terinfeksi apa saja dan mempengaruhi generasi muda.”

Dalam 24 jam terakhir di Amerika Serikat, 46.585 kasus baru dikonfirmasi dan 739 orang meninggal.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat mengatakan pada  Rabu (5/5/2021) bahwa penyebaran varian Inggris B.1.1.7 sangat cepat, dengan jumlah kasus mencapai puncaknya pada bulan  Mei ini. Pada saat yang sama, angka rawat inap dan kematian di seluruh negeri tetap rendah.

Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat,  Rochelle Walenski mengatakan, “Sekarang mari kita berharap tentang hasil yang mungkin dibawa musim panas.” Ia  juga mengingatkan bahwa virus mutan masih menjadi perhatian utama, dan begitu virus itu merebak, konsekuensinya akan serius.

Gedung Putih mengumumkan pada Rabu 5 Mei bahwa mereka mendukung pengabaian perlindungan kekayaan intelektual untuk vaksin.

Perwakilan Dagang Amerika Serikat menyatakan bahwa pemerintah Amerika Serikat sangat percaya pada perlindungan kekayaan intelektual, tetapi untuk mengakhiri wabah, pemerintah mendukung pengabaian perlindungan atau paten untuk vaksin virus corona baru.”

Begitu berita diterbitkan, harga saham produsen vaksin besar, Modena, German Biotech, dan Pfizer, turun tajam.

Presiden Komisi Eropa Von der Lein mengatakan pada Kamis 6 Mei lalu bahwa Uni Eropa  siap untuk membahas penyerahan hak paten vaksin.

Health Canada mengumumkan pada Rabu 5 Mei bahwa mereka telah mengesahkan Pfizer sebagai vaksin pertama untuk anak-anak berusia 12 hingga 15 tahun.

Pihak berwenang mengatakan vaksin Pfizer aman dan efektif untuk kelompok usia ini.

Alberta, yang memiliki insiden tertinggi, akan menjadi wilayah pertama yang memvaksinasi orang berusia di atas 12 tahun mulai 10 Mei. (hui)

Video Rekomendasi :

Share

Video Popular