Erabaru.net. Sebuah studi baru menunjukkan bahwa sering berkebun memiliki banyak manfaat kesehatan.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di ScienceDirect, berkebun sebanyak dua hingga tiga kali seminggu dapat memaksimalkan kesejahteraan yang lebih baik dan menurunkan tingkat stres.

Penelitian mengeksplorasi kenapa warga terlibat dengan berkebun dan sejauh mana mereka mengenali manfaat kesehatan dari aktivitas tersebut.

(Foto: Unsplash)

Sebuah kuesioner didistribusikan secara elektronik di Inggris, dengan 5.766 tukang kebun dan 249 non-tukang kebun menanggapi.

Data dikumpulkan berdasarkan faktor-faktor yang termasuk tipologi taman, frekuensi berkebun dan persepsi individu tentang kesehatan dan kesejahteraan.

“Ini adalah pertama kalinya ‘respon dosis’ untuk berkebun telah diuji dan banyak bukti yang menunjukkan bahwa semakin sering Anda berkebun – semakin besar manfaat kesehatannya,” kata rekan sejawat dan penulis utama Royal Horticultural Society (RHS) Dr Lauriane Chalmin-Pui.

“Faktanya, berkebun setiap hari memiliki dampak positif yang sama daripada melakukan olahraga teratur dan berat seperti bersepeda atau berlari.”

“Saat berkebun, otak kita akan terbagi oleh alam di sekitar kita. Ini mengalihkan fokus kita dari diri kita sendiri dan stres kita, dengan demikian hal tersebut dapat memulihkan pikiran kita dan mengurangi perasaan negatif.”

(Foto: Unsplash)

Akan tetapi, meningkatkan kesehatan bukanlah motivasi utama dalam berkebun, melainkan kesenangan langsung yang dirasakan saat berkebun.

“Berkebun dapat dikatakan seperti olahraga santai karena tidak terasa berat, misalnya seperti pergi ke gym, tapi kita bisa mengeluarkan energi dalam jumlah yang sama,” tambah Chalmin-Pui.

“Kebanyakan orang mengatakan mereka berkebun untuk kesenangan dan kesenangan sehingga kemungkinan ketagihan dalam berkebun juga tinggi namun kabar baiknya adalah dilihat melalui perspektif kesehatan mental – Anda tidak akan mengalami ‘overdosis’ ketika berkebun.

“Kami berharap jutaan orang yang baru memulai berkebun akan mendapatkan dosis berkebun harian mereka minggu ini dan akan merasa lebih baik karenanya.” (lidya/yn)

Sumber: sunnyskyz

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular