ETIndonesia- Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta bersama pimpinan daerah penyangga Ibu Kota mengadakan rapat koordinasi terkait kesepekatan bersama dalam menjalankan protokol kesehatan selama momen lebaran Idulfitri 1442 Hijriah. Rapat tersebut dilaksanakan di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, pada Senin (10/5/2021).

Melansir dari siaran pers PPID DKI Jakarta, dalam rapat koordinasi tersebut, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan seluruh kawasan Jabodetabek-Cianjur harus membahas ketentuan umum untuk antisipasi laju kasus aktif COVID-19 saat lebaran. Setelah disepakati oleh masing-masing pihak, setiap pemerintahan daerah terkait akan menyiapkan surat edaran, dan seruan terkait dengan ketentuan tersebut.

Salah satu larangan yang diberlakukan adalah ziarah kubur  pada 12-16 Mei 2021. Tak hanya Jakarta, Seluruh wilayah Jabodetabek juga akan diberlakukan larangan serupa.

“Kegiatan ziarah kubur ditiadakan mulai tanggal 12 Mei sampai dengan hari Minggu 16 Mei, Seluruh pemakaman di Jabodetabek akan ditutup dari pengunjung untuk ziarah,” jelasnya. Meski demikian, kata Anies, pemakaman tetap dilaksanakan hanya ziarah saja yang tidak dilaksanakan. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Suzi Marsitawati menambahkan aktivitas ziarah makam ditiadakan sementara waktu untuk menghindari kerumunan karena kedatangan peziarah dalam waktu yang bersamaan.  

“Ada 82 TPU milik Pemprov DKI Jakarta, 14 TPU di antaranya kategori TPU besar. Semua ditutup untuk aktivitas ziarah makam. Sedangkan, untuk pelayanan pemakaman (penguburan) tetap berjalan seperti biasa,” ujarnya, Selasa (11/5) dikutip dari beritajakarta.id.

Suzi menambahkan, petugas pengamanan dalam (Pamdal) TPU juga akan disiagakan di setiap pintu masuk areal TPU untuk berjaga sekaligus menginformasikan peniadaan ziarah kubur untuk sementara waktu kepada warga yang masih belum mengetahui adanya kebijakan ini.

“Kami juga terus melakukan sosialisasi melalui media elektronik dan memasang spanduk di seluruh TPU,” tandasnya. (asr)

Share

Video Popular