Li Chen 

Sehari sebelum Hari Falun Gong Dunia, yakni 12 Mei 2021, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken mengumumkan pemberian sanksi kepada Yu Hui, mantan direktur Kantor 610 Kota Chengdu, Provinsi Sichuan.

Dalam konferensi pers siang hari itu, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken selain mengumumkan berita tentang pemberian sanksi, Kemenlu juga  merilis “Laporan Tahunan Tentang Kebebasan Beragama Internasional Tahun 2020”.

“Hari ini, saya mengumumkan bahwa sesuai dengan Pasal 7031 (c) Undang-Undang tentang Tindakan Asing dan Hukum Peruntukan Rencana Terkait Tahun 2021, diputuskan bahwa mantan direktur Kantor 610 Kota Chengdu Yu Hui dan keluarga dekatnya tidak memenuhi syarat untuk masuk ke Amerika Serikat karena yang bersangkutan telah diidentifikasi secara serius melanggar hak asasi manusia,” kata Blinken.

Kelompok Pimpinan Partai Komunis Tiongkok untuk Mencegah dan Menangani Urusan Sekte  yang dimaksud oleh Blinken dalam pidatonya, juga dikenal sebagai Kantor 610 di daratan Tiongkok. Ini merupakan organisasi ilegal bentukan Partai Komunis Tiongkok khusus untuk menganiaya Falun Gong. Kelompok ini memiliki status kedudukan di atas konstitusi, sehingga dapat bertindak di luar hukum.

Mantan direktur Kantor 610 Kota Chengdu, Sichuan, Yu Hui. (foto Internet)

 

Menurut situs web World Organization to Investigate the Persecution of Falun Gong atau Organisasi Internasional untuk Penyelidikan Penganiayaan terhadap Falun Gong, Yu Hui menjabat sebagai direktur Kantor 610 Chengdu dari bulan Agustus 2016 hingga bulan Juli 2017, dan ia terlibat dalam penganiayaan serius terhadap para praktisi Falun Gong.

Situs web ‘Minghui’ pada 8 Maret 2021 melaporkan bahwa praktisi Falun Gong dari 38 negara telah mengirimkan daftar nama para personel yang terlibat dalam penganiayaan terhadap Falun Gong di daratan Tiongkok kepada pemerintah negara di mana mereka tinggal. 

Menlu. Blinken mengeluarkan tweet yang mengumumkan sanksi terhadap seorang pejabat Partai Komunis Tiongkok yang menganiaya Falun Gong. (Sumber gambar: Twitter Menteri Luar Negeri Blinken)

Para praktisi meminta pemerintah untuk tidak memberikan visa kepada mereka dan keluarganya, bahkan membekukan aset mereka sesuai undang-undang yang berlaku. Daftar tersebut mencakup koleksi yang tidak lengkap sebanyak 9.300 orang dari Kantor 610 yang berada di semua tingkatan di seluruh daratan Tiongkok. Yu Hui termasuk dalam daftar yang diberikan kepada pemerintah Amerika Serikat

Yu Hui saat ini menjabat sebagai wakil direktur dari Komite Manajemen Zona Teknologi Tinggi Chengdu Sichuan.

Menlu Blinken mengatakan : “Kami akan terus menggunakan semua sarana yang tepat guna mendesak para pelanggar HAM di daratan Tiongkok mempertanggungjawabkan perbuatan mereka”.

Blinken juga secara khusus memposting pesan melalui Twitter hari itu yang isinya mengumumkan sanksi terhadap pejabat Partai Komunis Tiongkok yang menganiaya Falun Gong. (sin)

Video Rekomendasi :

Share

Video Popular