Luo Tingting

Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Suzhou, Provinsi Jiangsu, dan tempat-tempat lain dilanda tornado tingkat sembilan dan hujan es pada malam hari (14/5/2021). Banyak rumah runtuh, banyak orang terkubur dan banyak lagi pohon-pohon tumbang. Pada (15/5/2021), setidaknya 10 orang tewas dan hampir 400 orang lainnya luka-luka. 

Manjemen Darurat Wuhan, pada (14/5) pukul 20.00 melaporkan, tornado tingkat 9 terjadi di Distrik Caidian, Wuhan, dengan kecepatan angin 23,9 meter per detik. Beberapa rumah rusak, banyak sekali pohon-pohon yang tumbang dan patah. Beberapa gudang roboh. Hujan es masih terus turun saat terjadinya puting beliung. Foto yang diunggah oleh netizen setempat menunjukkan bahwa hujan es itu seukuran bola tenis meja.

Ada juga video di Internet yang menunjukkan bahwa tornado merobohkan tenda luar ruangan. Seorang pemuda berlari ke depan dan mencoba merebut tenda, tetapi angin kencang mengangkat tenda dan melemparkannya. Seseorang memanggil pria itu kembali dan memperingatkan yang lain ” Jangan keluar! ”. 

Area yang terkena tornado berantakan, dengan cabang-cabang pohon dan puing-puing berserakan di lantai, dan beberapa mobil yang diparkir di pinggir jalan dihancurkan oleh benda-benda berat.

Banyak warga sekitar yang ketakutan. Beberapa netizen secara blak-blakan mengatakan: “Benar-benar menyeramkan. Kaca di balkon saya pecah dan hancur, pos keamanan di komplek lenyap terbang, dan banyak kendaraan rusak.

Puing-puing digambarkan setelah tornado menghantam zona ekonomi di Wuhan di provinsi Hubei, Tiongkok pada 15 Mei 2021. – (Foto oleh STR / AFP via Getty Images)

Seorang netizen men-tweet video tornado Wuhan dan berkata terus terang: “Tornado tingkat 9 di kota-kota pedalaman di Tiongkok benar-benar tidak pernah terdengar. Ini jika bukan hukuman Tuhan apa lagi? Ini bukan kumpulan roh-roh yang penasaran, bukankah demikian?”

Banyak netizen menjawab: “Ini adalah kebencian!”

“Ada terlalu banyak ketidakadilan di Wuhan!”

“Tidak peduli seberapa derasnya hujan, tidak dapat membersihkan kejahatan yang dilakukan oleh Partai Komunis .”

Menurut laporan resmi Wuhan, pada pukul 4:30 pagi  15 Mei, tornado telah menyebabkan sedikitnya 6 kematian, 218 orang luka-luka, 27 keluarga dan 85 rumah roboh, 130 keluarga dan 400 rumah yang rusak, 2 tower crane, dan 8000 meter persegi. gudang kerja sementara rusak.

Dipengaruhi oleh cuaca buruk, pada 08:20 pada  15 Mei, total 40 penerbangan di Bandara Wuhan Tianhe ditunda dan 34 penerbangan dibatalkan.

Selain itu, kota Suzhou juga dilanda angin puting beliung dan hujan es, 4 orang tewas, 19 orang luka ringan, dan 130 orang luka sangat ringan.

Kendaraan dan puing-puing yang rusak digambarkan di lokasi konstruksi setelah tornado menghantam zona ekonomi di Wuhan di provinsi Hubei, Tiongkok pada 15 Mei 2021. (Foto oleh STR / AFP via Getty Images)

Video yang diposting di Internet menunjukkan bahwa tornado hitam besar muncul di Kota Shengze, langit dan bumi redup, tornado dengan panik menggulung cabang, sampah dan puing, berputar di langit, angin dan awan berubah warna, guntur dan petir bertiup, dan ada tiang telepon yang dicurigai dihembus tumbang cahaya api yang menyilaukan meledak dari tanah. 

Banyak rumah yang roboh oleh angin puting beliung, beberapa atap hanyut, dan banyak orang terkubur. Seorang warga desa mengatakan bahwa lembaran besi di luar rumahnya tertiup angin, dan listrik padam di rumahnya.

Netizen lokal menggambarkan tornado sebagai “efek khusus film” dan “kilatnya sangat terang sehingga saya tidak berani keluar.”  Yang lain berkata bahwa “bumi sedang sakit”.

Setelah tornado melanda, seluruh desa dan kota seakan mengalami bencana berupa reruntuhan.

Selain itu, Kota Anqing, Provinsi Anhui, dilanda tornado dan hujan es pada sore hari  14 Mei menyebabkan rumah-rumah runtuh dan beberapa orang terluka. Di Kabupaten Susong, Kota Anqing, angin puting beliung merobohkan sebuah rumah tinggal, seorang wanita berusia delapan puluhan tahun terlindas reruntuhan dan kaki kirinya patah. Orang tua itu kemudian dibawa ke rumah sakit oleh tim penyelamat.

Sebuah rumah prefabrikasi di lokasi konstruksi di Kabupaten Yuexi, Kota Anqing juga runtuh oleh angin kencang. Dua orang terjebak dan diselamatkan oleh petugas pemadam kebakaran.  (hui)

 

Share

Video Popular