oleh Xia Yu

Komunis Tiongkok kembali “mencak-mencak” gara-gara kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke ‘USS Curtis Wilbur’ pada Selasa (18/5) melakukan pelayaran rutin melalui Selat Taiwan sesuai dengan hukum internasional. 

Pernyataan yang dikeluarkan Armada Ketujuh menyebutkan bahwa kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke ‘USS Curtis Wilbur’ Amerika Serikat berlayar melewati Selat Taiwan untuk menunjukkan komitmen Amerika Serikat mempertahankan kebebasan dan keterbukaan Indo-Pasifik. Militer Amerika Serikat akan terus terbang, berlayar dan melakukan operasi lainnya dalam ruang lingkup sesuai hukum internasional.

Pada  Rabu (19/5) waktu Beijing, juru bicara Komando Daerah Militer Bagian Timur Tiongkok menyatakan protes keras. Jubir mengatakan bahwa langkah ini akan meningkatkan ketegangan antara kedua negara.

Menurutnya  militer Tiongkok terus melacak dan memantau kapal Amerika Serikat selama pelayaran melintasi Selat.

Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan menyatakan bahwa kapal Amerika Serikat telah berlayar ke selatan dengan melewati Selat. 

“Segalanya berjalan normal,” sebut pernyataan Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan.

Angkatan Laut Amerika Serikat melakukan operasi semacam itu kira-kira sebulan sekali. Sejak Joe Biden dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat pada 20 Januari lalu, ini adalah kali kelima dalam empat bulan kapal perang Amerika Serikat melintasi Selat Taiwan. Dua di antaranya terjadi pada bulan Februari dan masing-masing satu kali pada Maret, April, dan Mei. Kapal perusak yang melewati Selat adalah kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke.

Amerika Serikat tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan, tetapi Amerika Serikat adalah negara internasional penting yang mendukung dan menjual senjata kepada Taiwan.

Selama 1 tahun terakhir, ketegangan militer lintas selat telah meningkat tajam. Beijing hampir setiap hari mengirim pesawat militer ke zona pertahanan udara Taiwan untuk melakukan gangguan dan ancaman, termasuk menerbangkan beberapa pesawat tempur dan pembom. (sin)

Share

Video Popular