oleh Zhang Ting

Pengaruh  Elon Musk terhadap tren pasar Bitcoin  sangatlah besar. Sampai-sampai ‘Wall Street Journal’ mengomentari pengaruh besar Elon Musk  dengan mengatakan,” Ketika Elon Musk berbicara, para investor Bitcoin akan mendengarkan.”

CEO perusahaan Tesla, Elon Musk, sering mengirimkan pesan misterius yang membuat harga Bitcoin naik dan turun seperti roller coaster.

Suatu pagi di  Januari tahun ini, ketika Musk menambahkan pengenal “#Bitcoin” ke biografi Twitter-nya, harga Bitcoin melonjak hampir 20%. Pada bulan berikutnya, ketika Tesla menyatakan telah membeli Bitcoin senilai USD. 1,5 miliar, harga bitcoin melonjak 16% dalam satu hari.

Pada 12 Mei, Musk pesan tweetnya menyebutkan bahwa Tesla telah menangguhkan penerimaan Bitcoin sebagai metode pembayaran untuk membeli mobilnya, dengan alasan kekhawatiran tentang jejak karbon Bitcoin. Sejak itu, nilai pasar Bitcoin telah turun dari lebih dari USD. 1 triliun menjadi sekitar USD. 835 miliar.

Investor Bitcoin umumnya menyalahkan tweet Musk karena memicu penurunan harga Bitcoin paling drastis pada tahun ini. Selain itu juga mengurangi nilai pasarnya hingga ratusan miliar dolar, dan menghapus keuntungan kumulatif sejak awal Februari.

Pada 18 Mei, lembaga regulator dan pengawas keuangan komunis Tiongkok mengumumkan bahwa mereka akan melarang lembaga keuangan dan perusahaan pembayaran untuk menyediakan layanan yang terkait dengan transaksi mata uang virtual. 

Hal ini menyebabkan mata uang virtual terbesar di dunia, Bitcoin, anjlok sebesar 30%, mencapai harga terendah yakni USD. 30.066 pada 19 Mei. 

Pada 19 Mei, Elon Musk menulis pesan di tweet melalui teks dan emoji : “Tesla memiliki tangan berlian.” 

Itu menunjukkan bahwa produsen mobil listrik ini tidak akan melepas Bitcoin di tangan mereka yang sebesar USD. 1,5 miliar.

“Tangan berlian” dikenal di pasar saham sebagai orang yang dengan teguh akan mempertahankan saham suatu perusahaan yang sudah dimiliki. Dan “tangan berlian” juga akan siap untuk memegang posisi demi mencapai tujuan akhir, meskipun ada potensi risiko dan kerugian yang dihadapi. 

Segera setelah pesan Musk tersebut beredar, harga Bitcoin kembali naik ke angka sekitar USD. 40.000,- Itu artinya naik 30% pada jam 13:00, setelah anjlok sekitar 30% pada jam 9:00 pagi.

Beberapa investor, terutama yang baru masuk ke pasar, pada awalnya senang dengan pernyataan Musk tentang dukungannya terhadap Bitcoin. 

Namun sekarang, harga berubah karena ucapannya, mereka mulai merasa tidak senang. Sebenarnya banyak investornya yang marah.

“Dia tahu bahwa dia memiliki banyak pengaruh, dan telah membuktikan betapa dia suka bermain dengan pengaruh itu — Ini tidak baik bagi para pengikutnya”, kata Heidi Chakos dari Portugal yang mulai berinvestasi di Bitcoin sejak tahun 2014.

Chakos mengatakan bahwa tweet terbaru Musk menyebabkan kepanikan dan menimbulkan spekulasi tentang apakah Tesla akan menjual Bitcoin-nya.

Musk telah mengatakan bahwa Tesla tidak akan menjual Bitcoin dan akan melanjutkan penggunaan Bitcoin untuk transaksi setelah masalah penggunaan energi terkait Bitcoin sudah dapat diatasi. (sin)

Share

Video Popular