Li Yun – NTDTV.com

Berbagai bencana sering terjadi di daratan Tiongkok. Kembali bencana kebakaran terjadi pada  Jumat 28 Mei di sebuah gedung perkantoran di Distrik Qiaoxi, Shijiazhuang, Hebei, Tiongkok. Asap hitam mengepul ke langit. 

Menurut laporan setempat, seluruh 27 lantai gedung terbakar, dan tidak ada korban jiwa. Belum lama berselang kejadian serupa terjadi, saat sebuah gedung perkantoran 26 lantai di Shijiazhuang terbakar, dan seluruh bangunan terbakar seperti naga api.

Alarm diterima pada pukul 15:2 pada 28 Mei oleh perlindungan kebakaran Shijiazhuang. Alarm yang memberitahukan kebakaran terjadi di Gedung Kota Zhonghua di sudut timur laut persimpangan Jalan Weiming dan Jalan Lingkar Kedua Selatan di Distrik Qiaoxi. Api berhasil dipadamkan  tanpa korban jiwa.

Seorang pedagang di dekat tempat kejadian mengatakan kepada JiMu News bahwa sekitar pukul 3 sore hari itu, dia melihat asap tebal mengepul di belakang gedung kantor tempat tokonya berada. Api terlihat besar. Selama kejadian itu, dia mendengar suara “meledak keras ” .

“Api mulai terjadi di lantai 4. Sudah lebih dari setengah jam terbakar. Lantai 1 hingga 27 di sudut gedung kantor terbakar. Api sekarang sudah bisa dikendalikan,” kata pedagang itu.

Staf properti gedung perkantoran mengatakan dalam sebuah wawancara telepon bahwa dia takut masih ada orang di dalam gedung dan menelepon satu per satu untuk memberitahu pemilik di gedung. Soal kerusakan akibat kebakaran dan penyebab kebakaran, anggota staf tidak jelas menginformasikannya. Dia lalu segera menutup telepon.

Sebuah video yang beredaar menunjukkan bahwa api di gedung itu sangat dahsyat. Terdengar suara perempuan yang berteriak, “Bencana telah datang, burung saya masih di rumah, dan saya lari tanpa pakaian.”

Video lain menunjukkan bahwa api membakar dari lantai dasar hingga lantai atas, dan seluruh bangunan seperti naga api, dengan asap tebal mengepul ke langit. Pemandangannya sangat menakutkan.

Pihak berwenang Shijiazhuang tidak menjelaskan penyebab kebakaran. Beberapa netizen yang mengetahui kabar tersebut menyampaikan kabar bahwa dapur belakang restoran  turut terbakar.

Beberapa netizen ramai mempertanyakan kejadian itu.

“Apa yang terjadi di Shijiazhuang baru-baru ini? Ada beberapa kebakaran. Kenapa bisa begini?” 

“Mengapa ada begitu banyak kebakaran di Shijiazhuang tahun ini?” 

“Pasti ada peristiwa besar di Shijiazhuang tahun ini.” 

“Untungnya , saya telah pindah…. Kalau tidak, itu benar-benar menakutkan.”

“Apakah tidak dilakukan penyelidikan terhadap sistem pemadam kebakaran sejak terakhir kali kebakaran? Apakah tidak mengambil pelajaran?”

Kejadian kebakaran, belum lama juga terjadi pada  9 Maret, sekitar pukul 11:20 . Kebakaran menimpa  Gedung Zhongxin di Distrik Chang’an, Kota Shijiazhuang. Api berkobar dari lantai dasar hingga lantai atas lantai 26. Seluruh gedung terbakar seperti naga api dengan asap hitam. Api menyala lebih dari 2 jam sebelum dapat dikendalikan. Pihak berwenang setempat melaporkan bahwa tidak ada korban jiwa.  (hui)

Share

Video Popular