Erabaru.net. Mantan kepala badan intelijen Inggris untuk urusan internal (M15) pernah membeberkan fakta menarik di komunitas intelijen, bahwa para pejabat intelijen Rusia menyembunyikan dokumen rahasia di pohon, namun tanpa disangka dokumen tersebut telah dimakan oleh tupai .

Menurut Daily Star, mantan direktur M15, Baroness Manningham-Buller pernah berbagi rasa malu yang dihadapi oleh seorang perwira intelijen Rusia dan reaksinya terhadap insiden tersebut.

Manningham-Buhler ingat bahwa perwira intelijen Rusia menemukan bahwa dokumen rahasia yang disembunyikannya di batang pohon berlubang dimakan oleh tupai dan tampak sangat kesal.

“Ketika saya masih seorang perwira intelijen muda, saya ingat mengunjungi seorang perwira intelijen Rusia. Dia sangat tertekan ketika dia dengan hati-hati telah memilih tempat rahasia (sebuah pohon berlubang) untuk menyimpan file. Tapi Tupai telah memakan file-file itu,” katanya.

Saat menjelaskan perubahan zaman, dia mengatakan bahwa mereka tidak akan membicarakan hal memalukan seperti ini lagi, tetapi mereka menghadapi kegiatan spionase skala besar, termasuk bidang industri, ekonomi dan akademik, serta jaringan yang mencuri rahasia dan menyebarkan informasi palsu.

Manningham-Buller, yang saat ini menjadi anggota House of Lords di Inggris, mengatakan bahwa kegiatan spionase yang mengganggu dan merusak proses demokrasi ini menjadi perhatian khusus House of Lords.

Mereka perlu mengenali kepentingan masyarakat umum melalui hukum dan peraturan yang relevan, dan pada saat yang sama membela diri dari serangan-serangan ini.

Manningham-Buller telah bertugas di Badan Keamanan Inggris lebih dari 30 tahun, memegang berbagai posisi, termasuk lima tahun sebagai direktur biro dan perwira penghubung senior yang ditempatkan di komunitas intelijen AS. Karyanya terutama berfokus pada penanggulangan terorisme domestik dan internasional.

Manningham-Buller telah menjadi anggota House of Lords sejak 2008. (lidya/yn)

Sumber: epochtimes

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular