Erabaru.net. Seorang dokter telah mengungkapkan bahwa perubahan pada kuku Anda bisa jadi merupakan tanda bahwa Anda terkena virus corona.

Dr. Karan Raj (@ dr.karanr) memposting video TikTok tentang informasi kesehatan dan sains, termasuk unggahan terbaru tentang bagaimana kita dapat melihat kuku kita untuk indikator infeksi sebelumnya.

Dr. Raj menjelaskan bahwa terkadang orang mungkin menemukan garis horizontal pada tubuh kuku, yang dikenal sebagai garis Beau.

Ini, kata dia, bisa jadi pertanda tubuh Anda mengalami infeksi – seperti, tentu saja, virus corona.

Raj mengatakan: “Jika Anda memiliki sesuatu seperti ini di kuku Anda, itu bisa menjadi tanda Anda terkena Covid.”

“Para ilmuwan telah mencatat bahwa ketika pasien pulih dari Covid, mereka memiliki garis horizontal yang jelas atau putih yang meninggalkan tonjolan yang menonjol pada kuku.

“Ini dikenal sebagai garis Beau dan itu terjadi dimana seseorang mengalami gangguan sementara pada pertumbuhan kuku saat tubuh mengalami infeksi.”

Raj lebih lanjut mengatakan bahwa tanda itu bisa juga ‘tidak berbahaya’, menambahkan bahwa itu juga belum tentu konfirmasi bahwa seseorang memiliki virus corona.

Beberapa sesama pengguna TikTok mengomentari video tersebut – yang telah ditonton lebih dari 1,6 juta kali – untuk mengatakan bahwa mereka selalu mengira garis tersebut berkaitan dengan masalah kekurangan zat besi atau seng.

Tetapi Raj mengatakan hal itu dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, menegaskan bahwa virus corona hanyalah salah satu dari banyak faktor.

Dia mentakan: “Ini sebenarnya tidak sepenuhnya berbahaya dan dapat disebabkan oleh penyakit atau trauma apa pun pada tubuh, tidak hanya Covid.”

“Meskipun kami melihatnya pada lebih banyak pasien Covid, itu bukan diagnosis Covid dan cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda pernah menderita Covid adalah tes antibodi.”

Raj menambahkan: “Garis mungkin bertahan selama beberapa minggu / bulan setelah infeksi tetapi kemudian akan hilang saat kuku tumbuh.”

Pernyataan tersebut merupakan salah satu yang telah didukung oleh berbagai profesional medis sejak merebaknya virus corona.

Tanya Bleiker, presiden British Association of Dermatologists, baru-baru ini mengatakan kepada Huffington Post bahwa dokter kulit juga telah melihat pasien virus corona dengan garis horizontal – dan terkadang juga mempengaruhi kuku kaki.

“Perubahan ini telah lama dikenal sebagai ‘garis Beau’ dan merupakan lekukan melintang di banyak, atau semua, kuku jari tangan dan kadang-kadang kuku kaki,” jelas Tanya.

Tanya juga setuju bahwa mereka bisa jadi ‘tidak berbahaya’ dan ‘tumbuh seiring waktu’. (lidya/yn)

Sumber: ladbible

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular