NTDTV.com

Setelah 16 pesawat militer Tiongkok menyerbu wilayah udara, Kementerian Luar Negeri Malaysia menyatakan pada Selasa 1 Juni bahwa perilaku pesawat militer Tiongkok telah menimbulkan ancaman serius bagi kedaulatan Malaysia dan keselamatan penerbangan. Malaysia  akan memanggil duta besar Komunis Tiongkok untuk meminta penjelasan.

Menurut pernyataan Angkatan Udara Malaysia, pada 31 Mei, armada pesawat angkut strategis Il-76 dan Xi’an Yun-20 terbang ke Borneo dan Sarawak pada ketinggian 23.000 hingga 27.000 kaki.

Dalam jarak 60 mil laut dari pantai, Angkatan Udara Malaysia segera mengirim pesawat untuk mencegat dan memperingatkan pihak Tiongkok berkali-kali tetapi tidak ditanggapi. Militer Malaysia menyatakan bahwa tindakan pesawat Tiongkok sangat “mencurigakan” dan sangat mengancam kedaulatan nasional dan keselamatan penerbangan.

Menteri Luar Negeri Malaysia, Hishamuddin Hussein menyatakan akan mengeluarkan surat protes diplomatik dan memanggil duta besar Komunis Tiongkok untuk Malaysia. Meskipun Malaysia bersedia menjalin hubungan diplomatik yang bersahabat dengan negara mana pun, tetapi tidak berarti akan berkompromi dengan masalah keamanan nasional.  (hui)

Share

Video Popular