Erabaru.net. Lebih dari 30 tahun yang lalu, seorang gadis Tiongkok berusia 8 tahun berimigrasi ke Amerika Serikat bersama keluarganya. Baru-baru ini mobil F-150 Lightning, mobil pickup listrik murni pertama yang diproduksi oleh Ford secara resmi diluncurkan, dengan dia sebagai chief engineer-nya, dia pun langsung menjadi berita utama.

Menurut laporan, Linda Zhang lahir di Shandong, Tiongkok. Saat itu dia berusia 8 tahun dan duduk di kelas tiga. Dia berada di pesawat yang menuju ke Amerika Serikat dan baru belajar huruf bahasa Inggris A sampai H.

“Saya ingat pertama kali saya naik pesawat dan pertama kali saya naik mobil. Itu selama perjalanan ini,” kenang Linda.

“Saya berada di kursi belakang mobil, dari Bandara Internasional Chicago O’Hare ke West Lafayette (ayah saya adalah seorang mahasiswa pascasarjana di Universitas Purdue)… …Ini adalah perjalanan paling keren dalam hidup saya ,” kata Linda, dan itu adalah mobil non-mewah yang datang untuk menjemput mereka, tapi Linda merasa itu seperti kereta istana Cinderella.

“Itu mungkin pertama kalinya saya jatuh cinta dengan mobil dan American Dream,” tambahnya.

Linda yang pandai dengan cepat menyatu dengan kehidupan Amerika dan fasih berbahasa Inggris.

Pada usia 16 tahun, dia masuk Universitas Michigan untuk belajar Teknik Elektro. Segera, setelah dia lulus pada usia 19 tahun, dia bergabung dengan Ford dan menjadi seorang insinyur mengikuti jejak ayahnya .

Kemudian, sambil bekerja, dia melanjutkan untuk mengejar gelar master di bidang Teknik Komputer di University of Michigan.

Pada bulan September 2002, Linda mendapat kesempatan untuk masuk ke Ford’s Manufacturing Leadership Program , sehingga dia bekerja keras dan belajar di Stephen M . Ross School of Business dan mendapat gelar MBA Master of Business Administrasi.

Pada tahun 2011, Linda dipromosikan menjadi “Explorer Program Manager” Ford (catatan: “Explorer” adalah SUV yang diluncurkan oleh Ford pada tahun 2013). Setelah menyelesaikan beberapa proyek besar, pada tahun 2018 di bulan September, ia dipromosikan menjadi chief engineer truk pickup Ford F-150 dan mulai mengembangkan all- electric Ford F-150 Lightning (F-150 Lightning).

“Linda sangat tertarik baik di bidang teknik maupun bisnis. Dia berpandangan jauh ke depan dan dapat memimpin timnya menuju tujuan yang lebih besar,” kata Lisa Drake, chief operating officer Ford Amerika Utara, memuji.

Linda sekarang memimpin tim yang terdiri dari ratusan insinyur yang mendedikasikan diri untuk penelitian dan pengembangan kendaraan listrik seri F Ford pickup.

 

Pickup listrik murni ini memiliki tenaga hingga 563 tenaga kuda dan daya jelajah maksimum 300 mil. Pusat gravitasinya yang rendah dan distribusi bobot yang sangat baik menjadikannya truk pickup ini memiliki performa handling terbaik dan tenaga tercepat dari seri F-150 sebelumnya.

Ford menyatakan dalam siaran pers resmi bahwa Truk F-150 baru memiliki sistem tenaga listrik murni, yang akan menjadi produk ini paling cerdas dan inovatif pada zamannya, dan Linda Zhang, sebagai chief engineer, berperan penting dalam keseluruhan proyek

“Malam ini, saya merasa seperti mimpi menjadi kenyataan. Ini adalah mimpi yang saya miliki sejak saya berusia 8 tahun … ketika keluarga saya datang ke Amerika Serikat untuk memulai hidup baru,” kata Linda saat pidato sambutan dalam peluncuran Ford F-150 Lightning.

 

“11 tahun kemudian sejak hari itu, saya bekerja untuk Ford, tahun itu saya berusia 19 tahun. Hari ini, saya merasa sangat beruntung dapat memimpin tim yang luar biasa untuk bekerja siang dan malam selama tiga tahun terakhir dan membangun truk masa depan. — —Ford F-150 Lightning.”

Ford Lightning listrik murni akan mulai diproduksi di Ford Rouge Electric Vehicle Center di Dearborn musim semi mendatang.

Berbicara tentang kesuksesan hari ini, Linda bersyukur atas kebaikan orang Amerika yang dia rasakan sebagai seorang anak.

“Saat kami datang ke sini dan saya bersekolah, beberapa teman sekelas saya sangat baik. Mereka membantu saya. Meskipun mereka tidak mengerti apa yang dikatakan orang lain, mereka akan memastikan saya mendapat bagian dari susu sekolah. Kami juga membuat banyak isyarat untuk berkomunikasi, “ kenang Linda Zhang. “Orang-orang sangat baik. Itu membuat saya merasakan masa depan, membantu saya, dan membentuk cara saya memperlakukan orang lain di masa depan. Saya ingin menjadi orang yang berguna.”

Sebagai wanita Tionghoa yang berimigrasi ke Amerika Serikat pada usia dini, terlepas dari perbedaan gender dan ras di masyarakat, tetapi juga di bidang otomotif yang didominasi pria, kesuksesan Linda memberitahu kita bahwa setiap orang dapat mencapai kebesaran.

Seperti yang dikatakan Linda Zhang di Peluncuran Mobil Baru Ford Lightning: “Beri diri Anda mimpi besar, maka semuanya akan menjadi mungkin!” (lidya/yn)

Sumber: epochtimes

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular