Erabaru.net. Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Bangkalan, Jawa Timur dan Kudus, Jawa Tengah. Sebagai langkah yang dilakuka, Pemerintah pusat akan mengirim dokter dan tenaga medis ke daerah-daerah tersebut.

“Untuk menguraikan tekanan rumah sakti di Bangkalan dan Kudus, kita kirim dokter dan tenaga kesehatan yang bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia,” ujarnya di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (7/6/2021).

Sedangkan pasien COVID-19 yang terdapat di kedua kabupaten tersebut, akan dikirim ke luar daerah untuk mengurangi beban rumah sakit setempat.  

“Nomor satu yang paling penting kita mengurai tekanan beban yang ada di rumah sakit dengan cara kita merujuk pasien-pasien yang berat dan sedang ke kota-kota terdekat. Untuk Kudus ke Semarang,  Bangkalan ke Surabaya,” ujarnya.

Menkes mengungkapkan terjadinya klaster penularannya cukup tinggi di Kudus dan Bangkalan. Ia menyebutkan, di Kudus yang sebelumnya hanya terdapat sekitar 40 pasien COVID-19, kemudian mengalami lonjakan hingga 350 pasien.

Sama halnya di Kabupaten Bangkalan, kata Menkes, yang tadinya tempat tidur isolasi pasien hanya terisi 10 pasien, kini naik ke angka 70 sampai 80 pasien.

 “Kenaikan tinggi ini ada peningkatan kasus dari klaster, karena Kudus adalah daerah Ziarah sedangkan di Madura banyak pekerja migran yang pulang dari negara tetangga,” ujarnya. (asr)

 

Share

Video Popular