Erabaru.net. Tiongkok memiliki sejarah yang panjang dan banyaknya peninggalan budaya yang terkubur di dalam tanah, setelah digali, mereka tidak hanya dapat dijadikan sebagai dasar penting untuk arkeologi, tetapi juga memberi orang pandangan sekilas tentang peradaban kuno.

12 tahun yang lalu, di Provinsi Shanxi ditemukan “Peti mati dari emas “, yang sempat menjadi topik pembicaraan.

Saluran YouTube “Fantastic Space TW”, yang sering berbagi topik sejarah, memperkenalkan peti mati ajaib yang digali di Taiyuan, Provinsi Shanxi itu.

Peti mati berukuran panjang 21 cm, lebar 10,5 cm, dan tinggi 13 cm. Bentuknya simetris dan halus. Selain terbuat dari emas murni, ia juga dihiasi dengan potongan tembaga 0,2 cm.

Peti mati itu juga ditutupi oleh kain sutra. Para ahli tidak yakin bagaimana cara melepaskan kain sutra itu saat membukanya karena pelapukan, yang mana dapat mempersulit para arkeolog untuk mengembalikan ke bentuk aslinya.

Oleh karena itu, peti itu hanya disimpan di museum dan tidak pernah dibuka selama 12 tahun.

Di dalamnya, tidak ada yang bisa melihat bentuk yang sebenarnya, atau bahkan mengetahui apa yang ada di dalamnya

Karena peti mati emas murni sangat langka dan bentuknya tidak seukuran peti mati biasa, peti itu telah menarik banyak pecinta peninggalan budaya juga menimbulkan banyak pertanyaan.

Tetapi para ahli arkeologi hanya bisa menjawab tanpa daya, :” Dilihat dari penampilannya, benda itu terlihat sangat berharga!” (lidya/yn)

Sumber: setn

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular