Erabaru.net. Selama setahun terakhir, angsa telah menjadi pemandangan yang sering terlihat di Charles River Esplanade di Boston, Massachusetts, AS. Dan satu pasangan angsa memutuskan untuk menjadikan laguna taman sebagai tempat yang sempurna untuk ,mereka membangun keluarga.

“Pada awal April, itu adalah pertama kalinya kami menyadari bahwa mereka memiliki sarang di sepanjang pilar di tepi laguna,” Emma Feeney, koordinator pemasaran dan acara untuk Asosiasi Esplanade, mengatakan kepada The Dodo. “Tak lama kemudian, kami melihat angsa betina mulai bertelur. Sebanyak sembilan telur telah dan sekitar 10 hari yang lalu burung angsa mulai menetas.”

Pecinta burung dan satwa liar berkumpul di sekitar sarang untuk menyaksikan tujuh burung angsa menetas dan dirawat oleh induk mereka yang penyayang.

“Mereka telah menjadi selebriti di Boston selama beberapa minggu terakhir,” kata Feeney.

Pasangan angsa, yang biasanya kawin seumur hidup, berbagi tugas selama beberapa minggu pertama bayi mereka menetas, bergiliran memberi makan, melindungi, dan menjaga bayi angsa mereka tetap hangat. Namun, tragedi melanda Sungai Charles, ketika induk angsa jatuh sakit dan mati.

“Perawatan dan Kontrol Hewan menerima telepon dengan keprihatinan atas kesehatan angsa betina, karena dia tampaknya menggelengkan kepalanya dan tidak bisa berdiri sendiri,” kata Feeney. “Tapi pada saat petugas tiba di taman, sayangnya, angsa betina telah mati.”

“Angsa jantan bisa dilihat di seberang laguna di sarang mereka dengan burung angsa muda terselip di bawah sayapnya,” tambahnya.

Dokter hewan kota Boston memeriksa induk angsa liar, dan tidak dapat menentukan penyebab kematiannya.

“Kematian angsa menghancurkan banyak hati masyarakat di Boston, di mana kami melihat orang mengunjungi sarang angsa setiap hari – itu menjadi bagian dari rutinitas harian mereka,” kata Feeney.

Tanpa pasangannya, angsa jantan telah mengambil perannya sebagai ayah tunggal, melakukan semua yang dia bisa untuk membesarkan bayinya dengan benar.

“Mereka tampaknya baik-baik saja,” kata Feeney. “Anda dapat melihat mereka di laguna esplanade sedang berenang bersama dengan beberapa bayi yang menunggangi punggungnya.”

“Angsa akan berenang di dekat mereka dan Anda dapat mengatakan bahwa ayah angsa dengan kekuatan penuh, melindungi anak-anaknya,” tambahnya. “Anda dapat mengatakan bahwa dia adalah ayah yang hebat bagi mereka. Ini sangat menggemaskan.”

Berkat ayah mereka yang peduli, ketujuh anak angsa itu akan memiliki peluang bagus untuk tumbuh kuat dan menemukan pasangan mereka sendiri suatu hari nanti. Dan, semoga, di tahun-tahun mendatang, mereka juga akan kembali ke Sungai Charles untuk memulai keluarga mereka sendiri.

Tetapi, untuk saat ini, ayah angsa itu memberi orang-orang Boston contoh sosok yang pantas dikagumi “Mereka telah melalui banyak hal, tetapi mereka tampak begitu kuat,” kata Feeney.(lidya/yn)

Sumber: TheDodo

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular