Erabaru.net. Seorang pawang gajah di Kerala, India, baru-baru ini meninggal karena sakit. Seekor gajah yang telah dirawatnya puluhan tahun mendatanginya seperti keluarga dan menyatakan belasungkawa. Adegan itu sangat menyentuh. Orang sering mengatakan: “Semuanya memiliki jiwa”. Tingkah laku gajah ini mungkin merupakan penggambaran terbaik dari kalimat ini.

Pawang gajah bernama Damodaran Nair ini meninggal karena kanker pada tanggal 3 Juni lalu. Keesokan harinya, seekor gajah bernama Brahmadathan pergi ke tempat jenazahnya disemayamkan untuk memberikan penghormatan kepada manan pengasuhnya itu.

 

 

 

Ketika Brahmadathan menjulurkan belalainya untuk menyentuh tubuh Damodaran, tangisan kerabatnya masih terus terdengar. Di sisi lain, putra Damodaran memegang belalai Brahmadathan juga terisak.

 

Brahmadathan kemudian mundur selangkah dan menggulung belalainya untuk mengucapkan selamat tinggal kepada teman lamanya itu, lalu pergi dengan perlahan.

Damodaran menjabat sebagai pelatih dan pawang selama 60 tahun. Selama 25 tahun terakhir, dia telah menjadi pawang dari Brahmadathan, dan keduanya sering tampil bersama dalam festival. 23 April tahun ini adalah penampilan di depan publik terakhir mereka.

 

Pada tanggal 3 Juni, Rajesh Pallattu, pemilik Brahmadathan, mengunjungi Damodaran ketika dia sakit kritis. Dia menyatakan keinginannya untuk melihat Brahmadathan untuk terakhir kalinya, tetapi sayangnya, dia meninggal sebelum bertemu dengan Brahmadathan.

 

Untuk itu, Rajesh secara khusus mengajak Brahmadathan menempuh perjalanan sepanjang 25 kilometer pada 4 Juni untuk memberikan penghormatan kepada Omanachettan, guna memenuhi keinginan terakhirnya.

Rajesh mengatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, Damodaran dan Brahmadathan telah menjalin hubungan yang mendalam. Dia memperlakukannya seperti anak laki-lakinya sendiri.

 

 

Dikatakan juga bahwa Brahmadathan pernah menyelamatkan hidup Damodaran. Itu terjadi selama festival bait suci pada tanggal 23 Maret 2003. Seekor gajah mencoba menabrak Damodaran tetapi Brahmadathan yang melihat segera menghalangi gajah tersebut dan menyelamatkan nyawa Damodaran. (lidya/yn)

Sumber: epcohtimes

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular