Erabaru.net. Seorang wanita dari Afrika Selatan dilaporkan telah melahirkan 10 bayi sekaligus, memecahkan Rekor Dunia Guinness yang dipegang oleh wanita dari Mali, Malian Halima Cisse – yang melahirkan sembilan anak di Maroko bulan lalu.

Sementara Halima melahirkan kembar 9, Gosiame Thamara Sithole yang berusia 37 tahun diyakini telah melahirkan 10 bayi sekaligus di sebuah rumah sakit di Pretoria, Afrika Selatan, pada 7 Juni lalu.

Sithole awalnya mengira dia akan memiliki delapan bayi, menurut New York Post. Tetapi ketika dia melahirkan pada Senin (7/6) malam, Sithole dan keluarganya terkejut melihat 10 bayi muncul – dua lebih banyak dari hasil pemindaian sebelumnya.

Sithole, yang sudah menjadi ibu dari anak kembar berusia enam tahun, dilaporkan melahirkan tujuh anak laki-laki dan tiga perempuan melalui operasi caesar pada hari Senin.

“Semua ada tujuh anak laki-laki dan tiga perempuan. Dia hamil tujuh bulan dan tujuh hari. Saya bahagia. Saya emosional,” suaminya, Teboho Tsoetsi, mengatakan kepada Pretoria News setelah kelahiran decuplets. Sithole, dari Gauteng, mengatakan kehamilannya wajar dan tidak menjalani perawatan kesuburan.

Tetapi kehamilan itu tidak mudah karena wanita berusia 37 tahun itu harus menghadapi banyak sakit kaki dan mulas pada perut. Pada satu titik, dia juga menyatakan keprihatinan bahwa bayinya tidak akan selamat dari kehamilan berisiko tinggi.

“Saya terkejut dengan kehamilan saya,” kata Sithole kepada Pretoria News bulan lalu, ketika dia masih yakin dia akan memiliki delapan anak. “Jika lebih dari itu pun, saya yakin hanya akan terdapat bayi kembar 2 atau 3, tidak lebih dari itu. Namun ketika dokter memberi tahu saya, saya butuh waktu untuk mempercayainya.”

Manajer toko ritel itu mengatakan dia tidak bisa tidur di malam hari karena mengkhawatirkan anak-anaknya yang belum lahir.

“Bagaimana mereka bisa muat di dalam rahim? Apakah mereka akan bertahan? Bagaimana jika mereka keluar dengan bentuk siam di kepala, di perut atau tangan?” dia berkata. “Saya bertanya pada diri sendiri dengan semua pertanyaan ini sampai dokter meyakinkan saya bahwa rahim saya mulai berkembang di dalam. Tuhan membuat keajaiban dan anak-anak saya tinggal di dalam rahim tanpa komplikasi.”

Jika dikonfirmasi, persalinan 10 anak Gosiame Thamara Sithole akan menjadi kasus decuplet pertama yang diketahui. Seorang perwakilan dari Guinness World Records mengatakan kepada New York Post bahwa organisasi tersebut sedang memeriksa masalah ini.

“Guinness World Records mengetahui berita bahwa Gosiame Thamara Sithole telah melahirkan decuplet, dan kami mengirimkan ucapan selamat dan harapan terbaik kami kepada keluarga,” kata juru bicara pencatat Guinness World Records

“Saat ini, kami belum memverifikasi ini sebagai catatan karena kesejahteraan ibu dan bayi adalah prioritas utama. Tim catatan kami bersama konsultan spesialis sedang menyelidiki ini,” tambahnya. (lidya/yn)

Sumber: indiatimes

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular