Erabaru.net. Dujiangyan Zhongshuge, sebuah toko buku di Dujiangyan, Tiongkok, menggunakan cermin yang ditempatkan secara strategis dan lantai ubin hitam yang berkilau untuk menciptakan ilusi menakjubkan yang membuat tempat itu terlihat seperti surga bagi kutu buku yang tak terbatas.

Toko buku seluas sekitar 3200 meter persegi ini dirancang oleh Li Xiang, pendiri studio arsitektur X+Living yang berbasis di Shanghai, dan diresmikan pada musim gugur 2020.

Menggunakan elemen cerdas seperti tangga spiral, lengkungan melengkung, dan cermin yang ditempatkan secara strategis, para desainer toko buku unik ini mampu menciptakan ilusi tak terhingga yang benar-benar menakjubkan.

Orang hanya perlu melihat foto-foto interior Dujiangyan Zhongshuge untuk mengalami keajaiban tempat itu.

Toko buku Zhongshuge terkenal dengan toko bukunya yang menakjubkan, tetapi tempat terbarunya, di Dujiangyan, Provinsi Sichuan, adalah paling menakjubkan. Li Xiang dilaporkan membutuhkan waktu satu bulan untuk merancang tempat itu dan proses konstruksi berlangsung selama lima bulan, dimana itu sangat mengesankan, mengingat kerumitan proyek tersebut.

Rak buku kenari besar dan melengkung mendominasi ruangan, tetapi ilusi tak terbatas yang diciptakan oleh langit-langit cermin dan ubin hitam berkilau adalah yang benar-benar membuat tempat itu unik.

Eksekusinya sangat sempurna sehingga bahkan untuk mengetahui rahasia ilusi, seseorang masih harus berjuang untuk melihat di mana rak yang asli dimulai dan di mana rak berhenti.

Salah satu trik yang digunakan para desainer untuk mencapai efek visual tak terhingga ini adalah dengan menutupi rak atas dengan cetakan buku rak alih-alih buku yang sebenarnya, sehingga akan tampak bahwa buku membentang dari lantai ke langit-langit.

“Jika kami menempatkan buku asli di rak atas, tidak hanya sulit bagi pembaca untuk menjangkaunya, tetapi juga sulit bagi operator untuk mengurusnya,” kata Li. “Toko ini sudah memiliki koleksi lebih dari 80.000 buku, jadi sebenarnya tidak ada tempat yang terbuang percuma.”

Cahaya juga memainkan peran penting, sehingga setiap rak buku dilengkapi dengan sabuk cahayanya sendiri. Ini tidak hanya meningkatkan efek tak terhingga tetapi juga membuat pembaca lebih nyaman untuk menemukan buku di rak. (lidya/yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular