Erabaru.net. Setiap orang berhak atas pendidikan tanpa memandang usia. Ilmu pengetahuan di dunia yang terus berubah ini memerlukan pembelajaran sepanjang hayat, yang mana hanya dapat terjadi jika pembelajaran dilakukan tanpa memandang usia.

Don Felipe adalah contohnya, seorang kakek yang pada usia 84 tahun berhasil mewujudkan impiannya untuk lulus sebagai insinyur dan menjadi yang tertua di kampus Benemérita Universidad Autónoma de Puebla, di Meksiko.

Dia lulus ujian dan diterima hampir lima tahun yang lalu, dan masuk sebagai mahasiswa Sarjana Teknik Proses dan Manajemen Industri, dia memulai studinya pada usia 79 tahun .

Dia lulus pada Mei lalu, ini memperjelas bahwa dalam hal pembelajaran dan pengembangan diri, tidak ada hambatan dalam bentuk apa pun termasuk usia.

“Saya sangat senang telah menyelesaikan studi yang diberikan universitas kepada saya,” kata Don Felipe dengan bangga.

Namun, usaha itu bukanlah tugas yang mudah. Don Felipe harus mengatasi banyak rintangan. Tidak mudah berbagi ruang kelas dengan siswa yang 62 tahun lebih muda darinya, juga tidak mudah beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Namun, keputusannya tidak dapat diganggu gugat. Dia tidak pernah ketinggalan kelas .

“Untuk usianya, kapasitas penyimpanan informasi, pertumbuhan pribadi, dan pertumbuhan pendidikan yang dia miliki sangat mengejutkan,” kata Germán Enríquez Figueroa, dosen Don Felipe.

Pria luar biasa dan pemberani ini lahir di Kota Puebla. Sebagai seorang pemuda ia bekerja di ladang, ia juga seorang pekerja konstruksi dan pada tahun 1962 dia bergabung dengan barisan tentara Meksiko, selalu hidup tanpa istirahat.

Sayangnya, istrinya sudah lama meninggal. Dia mempunyai lima anak, salah satunya juga menjadi teman kuliahnya hari ini. Don Felipe yang tidak berhenti menjual sayurannya di Tepeaca dan Cholula untuk menghidupi dirinya di tahun-tahun sebagai mahasiswa.

“Istri saya meninggal sekitar 15 tahun yang lalu, dan saya memiliki 5 anak, tetapi hanya 2 yang mendengarkan saya. Hidup itu mudah karena Anda lah yang menjalani bukan orang lain. Saya melihat dengan baik dan saya mendengar dengan baik. Hidup itu sendiri adalah takdir seseorang, jika kamu mau, kamu akan bisa,” tambah Don Felipe.

Mempertimbangkan usianya, insinyur baru Don Felipe terlihat sangat baik. Namun, di atas semua itu, yang paling mengejutkan adalah kemampuannya yang luar biasa untuk bernalar dan kejernihan pikirannya. Bahkan saking banyaknya, ia tidak menutup kemungkinan untuk mengambil spesialisasi di universitas tertinggi. Sungguh sebuah contoh kehidupan !

Ini adalah satu lagi demonstrasi bahwa tidak ada kata terlambat untuk belajar, karena tidak ada kata berhenti untuk belajar. (lidya/yn)

Sumber: viralistas

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular