Erabaru.net. Belum lama ini, seekor anak Jaguar yang lucu lahir di Cagar Alam Kucing Besar di Kent, Inggris. Karena memiliki bulu ayahnya yang langka, anak jaguar ini mengejutkan seluruh staff .

“Pada 6 April, kami sangat senang menyambut jaguar betina ini untuk bergabung dengan keluarga besar kami,” kata Briony Smith, kurator The Big Cat Sanctuary, dalam sebuah pernyataan baru-baru ini. “Sejak Keira hamil, staf telah memasang monitor di tubuhnya. staff telah memantaunya dengan cermat dari awal kehamilannya hingga kelahiran bayinya. Kami telah menantikan hari yang penting ini.”

“Pada pagi hari tanggal 6 April, Keira menjadi sedikit sensitif dan emosional. Kami tahu dia akan segera melahirkan. ‘Anak perempuan cantik’ ini lahir pada pukul 11​​:10 pagi hari itu. Dia sangat sehat, dan hidup serta penuh rasa ingin tahu,” tambahnya.

Melalui layar monitor, staf selalu dapat memperhatikan status pengasuhan anak Kayla. Bayinya tumbuh sangat cepat. Dia membuka matanya ketika dia lahir, dan sudah berjalan dengan mantap ketika dia berusia dua minggu. Segera setelah itu, dia melompat-lompat di sekitar sarang.

Anak itu belum diberi nama secara resmi, dan pihak kebun untuk sementara menjulukinya “Baby”.

Ibu bayi, Keira, lahir di Paradise Wildlife Park di Hertfordshire, Inggris pada tahun 2017. Ia datang ke Big Cat Sanctuary pada tahun 2019 dan berpasangan dengan Neron, seekor jaguar jantan hitam, yang berhasil melahirkan anak pertama mereka.

Perlu disebutkan bahwa Kayla adalah jaguar dengan warna bulu normal, sedangkan Neron berwarna hitam langka, tetapi bintik-bintiknya tetap dapat terlihat di seluruh tubuh. Warna bulu bayi jelas diwarisi dari ayahnya.

Dilaporkan bahwa jaguar umum memiliki pola yang jelas, dan hanya 10% dari jaguar yang memiliki gen bulu warna hitam, dan bayinya bahkan lebih jarang dalam warna hitam murni.

Kelahiran anak jaguar ini adalah bagian dari Program Restorasi Spesies Terancam Punah Eropa. Ini juga merupakan kabar baik bagi jaguar, karena jumlah jaguar liar telah menurun.

Daftar Merah Spesies Terancam Punah telah mendaftarkan jaguar sebagai ” spesies terancam”. Karena hilangnya habitat secara terus menerus akan menyebabkan ada bahaya terancam punah atau punah dalam waktu dekat.

Menurut data dari World Wildlife Fund, hanya 170.000 jaguar liar yang tersisa di dunia terutama terkonsentrasi di Brasil.

Terlihat bahwa penyelamatan jaguar sangat mendesak, oleh karena itu petugas kebun sangat mementingkan generasi penerus Keira dan Neron, dan berharap jaguar langka ini dapat tumbuh dengan sehat. (lidya/yn)

Sumber: epochtimes

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular