Erabaru.net. Michael Packard, 56 tahun, sedang menyelam ketika seekor paus bungkuk melahapnya ke dalam mulut, dan dalam waktu kurang dari satu menit, paus melemparkannya ke udara. Beruntung dia mendapatkan hidupnya kembali.

Menurut BBC, bahwa Packard 56 tahun mengatakan dia sedang berada di laut dekat Provincetown, Massachusetts ketika dia dilahap oleh seekor paus dan berada di dalam mulutnya selama 30-40 detik

Insiden itu terjadi pada 11 Juni lalu, Packard dan krunya mengemudikan perahu ke laut dekat Rowingstown, di mana kondisinya sedang baik, dengan jarak pandang air sekitar 6 meter.

Packard terjun ke air menggunakan peralatan menyelam untuk menangkap lobster. Saat menyelam, dia merasakan sesuatu yang sangat besar datang melahapnya dan sekitarnya menjadi gelap. Dia pikir dia telah diserang oleh hiu putih besar, dan kemudian dia meraba-raba tetapi tidak menemukan gigi.

“Kemudian saya menyadari: saya berada di mulut ikan paus, dan dia mencoba menelan saya. Inilah yang saya pikir akan membuat saya mati,” kenang Packard, memikirkan istri dan dua anaknya yang berusia 12 tahun dan 15 tahun.

Namun tiba-tiba, paus bungkuk naik ke permukaan dan mulai menggelengkan kepalanya.

“Saya terlempar ke udara dan jatuh ke dalam air. Saya hanya melayang di sana. Saya tidak bisa mempercayainya.. ” ujarnya.

Kru yang melihatnya dengan cepat menariknya kembali ke perahu.

Pemadam Kebakaran Kota Provence juga mengkonfirmasi kepada media bahwa mereka menerima telepon pada pukul 8:15 pagi waktu setempat mengatakan seorang nelayan terluka. Para wartawan mewawancarai Packard setelah dia keluar dari rumah sakit.

Packard mengatakan bahwa meskipun istrinya memohon padanya untuk mencari pekerjaan lain, dia tetap tidak bisa melepaskan pekerjaan menyelamnya selama 40 tahun.

Beberapa ilmuwan kelautan mengatakan bahwa paus bungkuk sering membuka mulut saat berburu untuk menelan ikan atau krill sebanyak mungkin, jadi apa yang terjadi pada Packard kemungkinan besar murni kecelakaan.

Seorang ahli mengungkapkan bahwa hampir tidak pernah terdengar insiden paus menelan manusia sebelumnya.

Paus bungkuk, juga dikenal sebagai paus bertangan raksasa. Dinamai bungku karena sirip kecil di punggung mereka terlihat seperti berpunuk dan mereka juga membungkukkan punggung saat hendak menyelam.

Paus dewasa dapat mencapai panjang antara 11 ,5 dan 16 meter, dan beberapa individu paus betina besar dapat memiliki panjang lebih dari 18 meter. Paus yang baru lahir memiliki panjang sekitar 3 hingga 6 meter.

Paus bungkuk dikenal karena postur melompat, sirip dada ekstra panjang, dan panggilan kompleks paus jantan dewasa.

Paus bungkuk umumnya hidup sendiri, atau beberapa hidup bersama. Makanan pokoknya adalah krustasea kecil dan segerombolan ikan kecil.

Paus bungkuk dapat hidup selama 40 hingga 50 tahun, paus betina mencapai kematangan seksual pada usia sekitar lima tahun, dan paus jantan pada usia sekitar tujuh tahun. (lidya/yn)

Sumber: ntdtv

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular