Erabaru.net. Bagi penyandang disabilitas, perjalanan di sistem transportasi umum Amerika Latin merupakan sesuatu yang cukup berat dilewati. Namun berbeda dengan pria yangs satu ini, walaupun ia menggunakan kursi roda tapi itu tampaknya tidak menjadi masalah besar, dan kondisinya juga tidak mencegahnya naik turun tangga dengan tanpa kendala.

Kemampuan luar biasa dari pria disabilitas yang turun tangga di stasiun Mexico City Metro dengan kursi rodanya, telah mendatangkan kekaguman yang mendalam di kalangan pengguna media sosial di Meksiko .

“Stasiun metro. Tidak ada yang tidak mungkin ,” publikasi itu berbunyi.

Dan memang, seperti yang terjadi di banyak negara lain, beberapa stasiun Sistem Transportasi Kolektif (STC) tidak memiliki jalur yang landai atau lift untuk memfasilitasi perpindahan penyandang cacat, fasilitas yang dikatakan dapat membuat mereka bergerak lebih mudah.

Adegan itu menunjukkan bagaimana pemuda itu duduk di kursi rodanya dan, berpegangan pada pagar, mulai menuruni tangga dengan kemampuannya yang luar biasa untuk menangani dirinya sendiri di kursi rodanya.

Insiden itu terjadi di stasiun Jalur 7 Mexico City Metro. Di negara ini, setidaknya 16,5 persen penduduk memiliki kapasitas yang berbeda, menurut sensus 2020 yang dilakukan oleh INEGI.

Namun, meskipun jumlah penduduk dengan kondisi khusus cukup besar, namun tidak ada infrastruktur yang memungkinkan mereka untuk memiliki mobilitas yang dibutuhkan. Untuk alasan ini, pemuda itu menuruni tangga dengan kelincahan yang mengejutkan.

Meskipun, pemerintah ibu kota telah memberikan akses gratis kepada para penyandang cacat, dan menempatkan beberapa lift di beberapa stasiun, ini tidak berfungsi, atau digunakan oleh orang-orang yang tidak membutuhkannya.

“Perbaiki elevator Metro, mereka tidak pantas berjuang untuk itu setiap hari. Ada, tetapi tidak pernah berfungsi. Nenek saya dan ibu saya adalah penyandang cacat, berkali-kali kami menunggu lift, karena orang yang bisa berjalan tetap menggunakan lift karena mereka sangat malas, ”tulis seorang pengguna .

Tampaknya, warga yang memiliki masalah untuk bergerak secara normal ini selalu dilupakan oleh pemerintah, tetapi juga para arsitek yang bertanggung jawab atas pembangunan sistem transportasi.

Melibatkan penyandang disabilitas melakukan peran yang serupa dengan rekan-rekan mereka yang tidak memiliki jenis kekurangan ini, melibatkan lebih dari sekadar mendorong mereka. Kebijakan dan praktik yang tepat perlu dipastikan untuk semua orang ini . (lidya/yn)

Sumber: viralistas

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular